INFO IKLAN: IKLANRUNGAN@MAIL.COM
 Fashion Pria Keren

Fakta dan Statistik Menarik MotoGP Jerman

Fakta dan Statistik Menarik MotoGP Jerman
Sachsenring, Rungan -- MotoGP musim ini akan memasuki seri ke-9 dan akan diselenggarakan di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada 10-12 Juli 2015.

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi akan berusaha meraih poin sebanyak-banyaknya demi mempertahankan posisi puncak klasemen sementara.

Tapi, pembalap Honda, sekaligus juara bertahan Marc Marquez menjadi pembalap dengan catatan terbaik kala berlaga di Sachsenring dalam dua tahun terakhir. Dia selalu menjadi pemenang dan mencatatkan waktu lap terbaik.

Hal tersebut hanyalah satu dari sejumlah fakta menarik tentang MotoGP Jerman. Dikutip dari situs resmi MotoGP, hal menarik lainnya adalah bahwa semua pemenang (tiga kelas berbeda) pada musim lalu mengawali balapan dari posisi terdepan.

Sementara itu, dalam sejarahnya, Sachsenring awalnya dianggap sebagai sirkuit yang terlalu berbahaya untuk pembalap. Namun, sejak 1998, Grand Prix Jerman selalu diselenggarakan di Sachsenring. Usai mengalami beberapa renovasi, jarak tempuh Sachsenring kini adalah 3,671 km.

Berikut fakta dan statistik menarik MotoGP Jerman:
  1. GP yang pertama dihelat di Jerman adalah GP Jerman Barat di Sirkuit Solitude pada 1952. Disaksikan 400 ribu penonton, event itu dimenangkan pembalap Irlandia, Reg Armstrong, pada 350cc dan 500cc, Rudi Felgenheier pada 250cc dan Werner Haas pada 125cc.
  2. GP pertama di Jerman Timur dihelat di Sirkuit Sachsenring pada 1961, dan sirkuit asli yang digunakan bertipe tertutup dengan panjang 8,73 km. GP Jerman Timur di Sachsenring terus digelar sampai disetop pada 1972, karena dinilai terlalu berbahaya.
  3. Pada MotoGP Jerman tahun lalu, cuaca berubah-ubah. Hal tersebut membuat 14 pembalap MotoGP masuk pit-lane dan mengganti motor mereka usai warm-up lap. Akibatnya mereka mesti memulai balapan dari pit-lane.
  4. Sejak GP Jerman kembali ke Sachsenring pada 1998, ada enam pembalap tuan rumah yang naik podium. Namun, tak ada yang melakukannya di kelas primer/MotoGP.
  5. Sejak memperkenalkan MotoGP dengan motor 4 tak pada 2002, Honda menjadi manufaktur paling sukses di Sachsenring, dengan koleksi sembilan kemenangan. Diikuti Yamaha dengan tiga kemenangan dan Ducati yang merah satu kemenangan.
  6. Tiga pembalap (MotoGP, Moto2, 125cc) yang menang di MotoGP Jerman tahun lalu, Marc Marquez, Dominique Aegerter, dan Jack Miller, semuanya merupakan pengisi pole.
  7. Dalam dua tahun terakhir, Marc Marquez selalu meraih pole pada kelas MotoGP, memenangi balapan, dan juga mencatatkan waktu lap terbaik.
  8. GP Jerman Barat terus dihelat tiap tahun hingga 1990, saat Timur dan Barat bersatu. Dalam periode 1952-1990, ada empat sirkuit yang digunakan, yaitu Solitude, Schotten, Nurburgring, dan Hockenheim.
  9. Dari 1991 hingga 1994, GP Jerman diselenggarakan di Sirkuit Hockenheim. Tiga tahun berikutnya, balapan digelar di Nurburgring. Dan, sejak 1998, Sirkuit Sachsenring lah yang digunakan sampai sekarang.
  10. Sirkuit Sachsenring baru lalu dibangun dengan panjang 3,508 km. Modifikasi terbesar terjadi pada 2001, dan sedikit penyesuaian pada 2003, menghasilkan lintasan berpanjang 3,671 km. Kini, Sachsenring menjadi trek terpendek di antara GP lainnya. (DN/vH)
Sudah Tahu Yang Ini?
loading...
#Akses runganSport di browser ponsel Anda dengan sekali klik, download runganApp