INFO IKLAN: IKLANRUNGAN@MAIL.COM
 Fashion Pria Keren

Statistik dan Fakta Menarik MotoGP Indianapolis

Statistik dan Fakta Menarik MotoGP Indianapolis
Indianapolis, Rungan -- Semua pembalap dan tim MotoGP sedang bersiap dan menuju ke Sirkuit Indianapolis, Amerika Serikat, Minggu (9/8).

Balapan pembuka di paruh kedua musim ini diprediksi akan berjalan sangat sengit mengingat beberapa pembalap pabrikan sedang berada dalam kondisi terbaiknya.

Seperti juara bertahan Marc Marquez menegaskan bahwa dirinya belum tersingkirkan dari peta persaingan setelah merebut kemenangan keduanya di seri Jerman, 13 Juli kemarin.

Hasil gemilang Marquez jelas menjadi sebuah ancaman nyata bagi kedua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang kini masih menguasai punak klasemen sementara.

Tak heran jika rivalitas lima pembalap papan atas, termasuk kedua pembalap Ducati Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso, akan jadi pertunjukan menarik di akhir pekan ini.

Berikut Fakta Menarik MotoGP Indianapolis
  1. GP Indianapolis akhir pekan ini akan jadi gelaran ke-28 Amerika Serikat. Dua balapan pertama digelar di sirkuit legendaris Daytona, tiga kali di Sirkuit Austin, 15 kali di Sirkuit Laguna Seca, serta tujuh kali digelar di Indianapolis.
  2. Edisi perdana GP Indianapolis pada 2008 lalu memiliki kisah menarik. Ketika itu, terjangan Badai Ike yang melanda Amerika Serikat memporak-porandakan kejuaraan. Balapan kelas 250cc ditiadakan akibat hujan yang disertai angin kencang. Sedangkan balapan kelas 125cc dan MotoGP tetap digelar namun dengan jumlah lap yang telah dikurangi.
  3. Pabrikan Yamaha hanya menang di Indianapolis dalam dua seri perdana yakni 2008 dan 2009 lewat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Sedangkan Honda sudah merajai sirkuit ini sebanyak lima musim terakhir lewat Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Marc Marquez.
  4. Tida ada satupun pembalap tuan rumah yang berjaya di Indianapolis. Catatan terbaik hanya ditorehkan oleh Nicky Hayden yang menempati podium kedua di tahun 2008 lalu.
  5. Hanya ada empat pembalap yang tidak pernah absen di Indianapolis sejak pertama kali digelar. Rossi, Lorenzo, Dovizioso dan Pedrosa.
  6. Selain tidak pernah meraih kemenangan, pembalap asal Amerika Serikat juga selalu gagal merebut posisi pole sejak tahun 2010 lalu. Terakhir, hanya Ben Spies yang merajai sesi kualifikasi dengan mengalahkan Lorenzo dan Hayden.
  7. Jorge Lorenzo menjadi pembalap yang paling banyak mendapat podium di Indianapolis. Pembalap asal Spanyol itu mendapat podium utama satu kali, podium kedua dua kali, dan podium tiga sebanyak tiga kali.
  8. Dalam empat balapan terakhir, kemenangan di Indianapolis selalu diraih oleh peraih posisi pole. Mulai dari Stoner hingga Marquez tahun lalu, Honda selalu meraih kemenangan berkat hasil manis di sesi kualifikasi. 
  9. Ducati tercatat baru sekali meraih podium Indianapolis, yakni pada tahun 2009. Kala itu Hayden yang baru pindah dari Honda, membawa tim asal Italia itu mengklaim podium ketiga.
  10. Suzuki memiliki catatan terburuk di Indianapolis. Pembalap mereka selalu gagal finis di posisi lima besar. Prestasi terbaik Suzuki hanya finis keenam bersama Ben Spies pada 2008 dan Alvaro Bautista tiga tahun berikutnya. (DN/vH)
Sudah Tahu Yang Ini?
loading...
#Akses runganSport di browser ponsel Anda dengan sekali klik, download runganApp