INFO IKLAN: IKLANRUNGAN@MAIL.COM
 Fashion Pria Keren

Jatah MotoGP 2017 Milik Finlandia atau Indonesia, Ini Peluangnya

Jatah MotoGP 2017 Milik Finlandia atau Indonesia, Ini Peluangnya
Jakarta, runganSport -- Setidaknya saat ini ada dua negara yang paling diinginkan untuk masuk dalam kalender MotoGP 2017 mendatang.

Keduanya adalah Findalia dan Indonesia, lalu bagaimana persiapan masing-masing negara, apakah salah satu diantaranya akan tersingkir atau malah keduanya akan bergabung di tahun yang sama.

Finlandia memang terlihat paling siap dalam hal ini, sementara Indonesia masih berkutat pada masalah finansial untuk pemugaran sirkuit.

Indonesia merupakan pasar utama bagi MotoGP dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta telah mengindikasikan bahwa Indonesia menjadi prioritas untuk menyelenggarakan grand prix mulai 2017-2021 jika sirkuit Sentul sudah benar-benar siap digunakan oleh event berstandar Internasional.

Tapi dana untuk perbaikan sirkuit saat ini masih menjadi kendala besar, ditambah lagi dengan biaya tahunan untuk menjadi tuan rumah ajang MotoGP, rinciannya adalah 7 juta euro untuk tahun 2017, 8 juta euro untuk 2018, dan 8,4 juta euro untuk 2019. Di samping event fee, pemerintah juga dibebankan biaya renovasi Sirkuit Sentul yang berada di kisaran Rp 150 miliar.

Belum ada kejelasan tentang anggaran yang akan dikeluarkan pemerintah, mengingat APBN yang dikelola oleh badan swasta masih menjadi pertimbangan. Batal tidaknya MotoGP Indonesia akan ditentukan hingga 31 Januari nanti.

Selain Indonesia dan Findanlia, negara Thailand juga kepincut ingin menyelenggarakan MotoGP.

Namun kontrak balap dengan tim-tim pasrisipasi MotoGP untuk 2017-2021 maksimal hanya boleh menyelenggarakan 20 balapan per tahunnya, sementara saat ini baru ada 18 seri balap.

Ini artinya, jika tak ada halangan apapun lagi, Finlandia dan Indonesia bisa bersama-sama meramaikan balapan mulai 2017 mendatang. (DN/vH)
Sudah Tahu Yang Ini?
loading...
#Akses runganSport di browser ponsel Anda dengan sekali klik, download runganApp