INFO IKLAN: IKLANRUNGAN@MAIL.COM

Tidak Bersalah, Race Direction Tetap Berikan Penalti ke Rossi

Tidak Bersalah, Race Direction Tetap Berikan Penalti ke Rossi
Texas, runganSport -- Race Direction, Mike Webb menjelaskan mengapa rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi mendapat penalti 0,3 detik di balapan Austin tadi malam.

Aksinya mepet-mepetannya besama Johann Zarco menyebabkan Rossi melalui tikungan ke-5 dengan mempotong jalurS. Rossi kemudian tetap di posisi ketiga, namun dengan keunggulan lebih besar dari Zarco dan lebih dekat dengan Marc Marquez di depannya.

Krusial, sekali kembali ke jalur, Rossi tidak mundur dan tidak menyerah begitu saja.

Webb mengatakan: "Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan dengan memotong lintasan. Jelas ada keuntungan karena dia mendekati Marquez. Jadi, kami meniadakan keuntungan itu dengan cara memberinya penalti," kata Web.

"Tapi di sisi lain, Rossi mmemotong jalur tanpa sengaja, akrena dia dipaksa oleh pembalap lain. Jika seseorang melakukannya dengan sengaja dan mendapatkan keuntungan, hukumannya biasanya akan jauh lebih berat dibanding hubungan Rossi saat ini.

Dalam kasus ini, Rossi jelas tidak melakukan kesalahan. Namun Rossi mendapat keuntungan dengan tidak sengaja," jelas Webb.

"Karena jelas bagi semua pembalap, termasuk Rossi, seharusnya Rossi menutup gas dan kembali ke jarak yang sama di belakang Marquez sebelum insiden, jika demikian maka ia bisa lolos dari hukuman.

Selain Rossi, Lorenzo juga melakukan hal yang sama, namun karena tetap menjaga gap yang saya, maka ia tidak mendapatkan keuntungan, jadi tidak ada hukuman untuknya.

"Agar adil terhadap semua pembalap, setelah melihat keuntungan yang didapat, untuk alasan apapun, kita harus menghapus keuntungan itu," sambungnya.

Hukuman untuk Rossi diberikan setelah balapan usai, total waktu race Rossi akan ditambah 0,3 saat ia melewati garis finish. Pada akhirnya, Rossi tetap berhak atas posisi kedua karena punya gap lebih dari dua detik dari posisi tiga Dani Pedrosa.

"Penalti 0.3 detik mungkin terdengar lucu, tapi memang butuh beberapa saat untuk memberikan penalti, karena saya harus menunggu konfirmasi dari Time Keeping mengenai perbedaan waktu sektornya. Itu adalah dasar penalti 0,3 detik," terang Webb.

Setelah balapan, Rossi mengatakan tentang penlaty-nya: "0,3 detik tidak masalah. Bagi saya masalahnya bukan Race Direction, masalahnya adalah Zarco," akui Rosi. (DN/VL)
Sudah Tahu Yang Ini?
loading...