INFO IKLAN: IKLANRUNGAN@MAIL.COM

Layout Chicane Baru Catalunya Tuai Hujatan Para Rider MotoGP

Layout Chicane Baru Catalunya Tuai Hujatan Para Rider MotoGP
Barcelona, runganSport -- Sektor akhir baru Sirkuit Catalunya yang sudah dirombak (tempat kecelakaan Luis Salom, 2016) dinilai negatif dari beberapa pembalap yang melakukan tes pribadi pada Rabu kemarin.

Dan evaluasi awal dari chicane terakhir tidak positif. Sebelumnya, Chicane tersebut dalam dilibas dengan kecepatn tinggi, namun sekarang harus benar-benar pelan, satu tikungan yang benar-benar bertentangan dengan apa yang terjadi sebelumnya.

Rider Aprilia Racing, Aleix Espargaro mengatakan "Di mana trek lurus, lintasannya selesai. Kami melakukan hal-hal bodoh dengan tikungan yang benar-benar bodoh. Ini tidak menyenangkan, padahal Catalunya adalah salah satu trek paling menyenangkan di dunia," keluhnya.

Sementara itu, Loris Baz dari Avintia Ducati mengatakan, "Ini (chicane baru) hanya f**king s**t. Saya mengerti lebih baik seperti ini (untuk keamanan) daripada sebelumnya, tapi ya, tata letaknya tidak penting," hujatnya.

Setelah kejadian tragis Luis Salom tahun lalu di tikungan dua belas, MotoGP beralih ke layout F1 yang berarti area yang dimodifikasi pada tikungan sepuluh (di ujung lintasan lurus), dengan jarak 90 derajat di tempat yang sebelumnya mengalir. Kurva, ditambah chicane bukan tikungan cepat kedua dari belakang.
Namun sebuah chicane baru kini diciptakan terutama untuk MotoGP, sedikit lebih jauh dari tikungan terakhir, karena dinding di bagian dalam trek dianggap terlalu dekat dengan aksinya dengan menggunakan versi F1. Perubahan itu berarti urutan kanan, kiri, kanan yang lambat.

Sementara itu, Sam Lowes meyakini bahwa perubahan yang terjadi membuat sirkit berjalan berlebihan dengan perubahan, dan merasa tata letaknya bisa bermasalah di pangkuan pertama balapan Moto2 dan Moto3. "Ini bukan kudapan MotoGP," katanya.

"Saya tidak ingin bicara buruk. Ini adalah subjek yang sensitif karena alasan di baliknya. Bagi saya bukan begitu. MotoGP mungkin baik-baik saja. Moto2 dan Moto3 saya berjanji, dan saya tidak ingin mengatakannya, tapi putaran pertama pasti ada banyak pembalap yang akan bertabrakan," prediksinya.

"Sebelum Anda bisa melaju melalui belokan kanan ke kanan kiri (chicane). Sekarang Anda harus melaju ke kanan dan itu tidak baik. Treknya sedikit lebih lambat dari sebelumnya," sambung Lowes.

Pembalap telah membahas perubahan rangkaian di berbagai pertemuan Komisi Keamanan setelah Grand Prix tahun lalu di Barcelona. Dengan demikian, menurut Cal Crutchlow, mereka seharusnya tidak mengeluh karena mereka memilih chicane untuk diubah dari desain tahun lalu.

"Anda harus mengerti bahwa kami memilih itu," terang pembalap Inggris itu. "Kami tidak bisa memilihnya dan kemudian mulai mengeluh. Orang-orang di grid MotoGP itu. Jika orang di grid Moto2 dan Moto3 mengeluh tentang hal itu mungkin kita mengerti. Tapi orang MotoGP tidak bisa mengeluhkannya.

Kami memilih untuk membuatnya seperti ini sedikit karena kecepatan dan dinding di sisi kanan. Pada akhirnya begitulah dan kita harus menghadapinya. Ini tidak bagus. Tapi apa yang bisa kita lakukan sekarang, kecuali jika kita kembali ke yang lain. Kita lihat saja nanti," pungkasnya.

Jadi intinya, semua pembalap yang melakukan tes di Catalunya Rabu kemarin merasa tidak nyaman dengan Chicane baru. (DN/vL)
Sudah Tahu Yang Ini?
loading...