INFO IKLAN: IKLANRUNGAN@MAIL.COM

Situasai Kacau! MotoGP Kembali Pakai Jalur F1 di Barcelona

Situasai Kacau! MotoGP Kembali Pakai Jalur F1 di Barcelona
Barcelona, runganSport -- MotoGP bisa beralih kembali menggunakan layout versi F1 di Catalunya, mulai Sabtu pagi ini (10/6).

MotoGP pertama kali pindah ke layout versi F1 tahun lalu, menyusul kecelakaan tragis yang menimpa Luis Salom di sesi FP Moto2.

Kemudian MotoGP mencoba membuat Chicane baru, terlihat lebih jauh dari tikungan terakhir, namun tampaknya pembalap belum terbiasa menggunakannya.

Cal Crutchlow Oke-oke Saja
"Semua orang mengeluh tentang chicane baru, tapi kami memilihnya," ucap Crutchlow kepada Crash.

"Kami semua mencobanya kemarin di Latihan Bebas pertama pada Jumat, sedangkan tahun lalu kita pakai jalur F1, dan tahun ini kita akan menggunakan jalur baru yang lain, tapi setelah mencobanya, kami akan kembali ke jalur F1.

Chicane baru akhirnya tidak dipakai lagi pada tikungan terakhir karena terlalu dekat dengan dinding pembatas.

Valentino Rossi Keberapan Pakai Chicane Baru
Sementara itu, rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi memastikan bahwa setelah Honda, Ducati dan Aprilia mengadakan tes pribadi di sirkuit ini bulan lalu, maka pilihan untuk kembali ke chicane versi F1 terbuka lebar, karena banyak pembalap yang mengeluh dengan Chicane baru (non-F1).

"Ya, bagi saya itu mungkin bisa berubah, karena minggu lalu di Mugello, sudah banyak pembalap yang ingin menggunakan chicane F1, tapi mereka bilang kepada kami: 'Anda harus mencoba sendiri di hari Jum'at, dan Jumat malam (tadi malam) kami putuskan bersama'.

Jadi kami berharap Bahwa mereka terbuka untuk kembali ke jalur F1," harap Rossi.

Lalu apa pendapat Rossi tentang Chicane baru tersebut yang banyak dikeluhkan pembalap lain?

"Saya tidak suka chicane ini. Bagi saya, chicane seperti ini tidak layak untuk balapan MotoGP, karena itu hanya sepotong aspal yang diletakkan di antara dua jalur," ujar juara dunia sembilan kali itu.

"Saya sudah melihat tata letaknya, dan jika kita pakai versi F1, itu memang buruk, tapi lebih baik dibaning Chicane yang baru, karena aspalnya menyatu.

"Bagi saya, chicane baru ini bukan seperti lintasan, ini berbahaya, karena jika kita mengalami kecelakaan, motornya langsung memotong chicane. Jadi, saya berharap semua orang bisa sepakat untuk kembali menggunakan jalur F1.

"Sudah sejak tahun lalu saya tidak setuju untuk membuat chicane baru. Bagi saya, idenya adalah lebih baik menggunakan yang normal seperti tahun lalu," pungkas Rossi.

Marc Marquez Sudah Terlanjur Nyaman
Lain halnya dengan Rossi, bintang Repsol Honda, Marc Marquez adalah satu dari sedikit rider yang tidak keberatan dengan chicane baru.

"Tata letak (aslinya) lebih alami, tapi tentu saja perubahan yang kami lakukan (tahun lalu) adalah untuk keamanan. Itulah satu-satunya jalan. Pada akhirnya tata letak tahun ini hanya mengubah satu tikunga," terang Marquez.

"Banyak pembalap mengeluh, tapi tata letaknya tetap sama (seperti 2016) selain satu tikungan barunya, berbeda, tapi saat ritme balap bagus, itu menyenangkan. Jika MotoGP beralih kembali ke chicane F1, mungkin Jack Miller tahu apa yang dia lakukan selama ini di FP1," tegas Marqurez. (DN/FN)
Sudah Tahu Yang Ini?
loading...