Selain Alasan Safety, Ini Fungsi Lain dari Helm Motor

    SHARE
    Selain Alasan Safety, Ini Fungsi Lain dari Helm Motor

    runganSport — Kebanyakan dari kita para biker seringkali merasa keberatan ketika harus menggunakan helm. Jikapun harus memakainya, satu-satunya alasan adalah karena takut dengan petugas lalu lintas, bukan karena peduli pada keselamatan diri.

    Padahal, helm motor memiliki peran penting dalam keselamatan berkendara, helm motor mampu memberikan perlindungan tambahan saat terjadi kecelakaan, melindungi bagian kepala, heler dan wajah saat terjatuh atau saat benturan akibat terjatuh.

    Nah, selain alasan safety tadi, ternyata helm juga punya sederet fungsi lain yang tak kalah pentingnya. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.


    #1. Terhindar dari Teriknya Matahari

    Pengendara motor harus menggunakan helm jika tak ingin merasakan panasnya matahari, dengan helm kepala jadi sedikit lebih adem saat melaju di siang hari. Baik saat berkendara jarak dekat, apalagi jarak jauh.

    #2. Menjaga Kepala dari Guyuran Hujan

    Apa yang anda rasakan saat berkendara, lalu tiba-tiba hujan deras mengguyur jalanan? Mau tak tau anda harus basah kuyup, lebih parahnya lagi anda akan kesulitan melihat jalan akibat air hujan yang menerpa bagian kepala dan wajah.

    Disinilah fungsi lain dari helm, memberikan perlindungan yang baik saat Anda berkendara di kondisi hujan, dan pandangan juga tidak akan terganggu oleh air.

    #3. Perlindungan Maksimal untuk Mata

    Terutama di Indonesia, kebanyakan jalanannya masih banyak yang berdebu, debu menjadi masalah utama bagi anda para biker. Debu yang bertebaran, terutama saat berpapasan dengan kendaraan besar, sangat berbaya bagi mata, dan dapat langsung masuk ke bagian mata anda ketika tidak menggunakan helm.

    Dengan helm, anda bisa menjaga mata Anda dari serbuan debu, asap dan polusi, apalagi sering terjebak macet, setidaknya Anda sudah mempersiapkan perlindungan untuk mata Anda.

    #4. Penampilan Jadi Lebih Keren dan Manarik

    Ini yang paling menarik, masih banyak diantara kita yang mengaku biker, tapi mereka keren jika tidak menggunakan helm, asalanya agar-orang bisa langsung melihat wajah kita.

    Padahal sebenarnya dengan menggunakan helm motor, penampilan jadi lebih keren dan terlihat gagah, kombinasi motor, jaket, sarung tangan, helm dan perlengkapan lainnya akan jauh terlihat lebih keren.


    #5. Helm adalah Identitas
    Biker sejati tahu pasti apa fungsi dari helm, bahkan helm bukan hanya sekedar perlindungan semata, bagi biker sejati helm adalah identitas diri, helm bersih dan punya desain yang unik adalah cerminan pribadi sang pemiliknya, lewat helm biker bisa menunjukkan karakternya, lewat coretan stiker dan warna helm. Nah, sekarang sudah tahu kan fungsi lain dari helm motor. (DN/vL)

    Sudah Tahu Yang Ini?

    loading...