Home Gosip Gelar MotoGP 2019: Memangnya Rossi Bisa Kalahkan Marquez?

Gelar MotoGP 2019: Memangnya Rossi Bisa Kalahkan Marquez?

Gelar MotoGP 2019: Memangnya Rossi Bisa Kalahkan Marquez?
Marc Marquez vs Valentino Rossi, MotoGP 2018 / runganSport © The Independent.

Jakarta, runganSport — Pada musim 2019 ini, rider Italia, Valentino Rossi bakal berusia 40 tahun mulai Febaruari nanti, artinya Rossi masih tetap menjadi pembalap tertua aktif di lintasan MotoGP saat ini.

Sementara para pesaingnya masih sangat muda dan tak peduli dengan risiko balap, mereka cenderung tak terlalu memikirkan akibat dari balapan karena memang usia mereka yang masih muda dan membara.

Sebut saja tri Spanyol, Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales, ketiga pembalap muda ini adalah saingan terbesar Rossi di tahun 2019 ini.

Ditambah lagi dengan pembalap yang lebih senior, Andrea Dovizioso yang semakin kuat dengan Ducati.

Tapi yang paling sulit ditaklukan oleh Rossi dari semua nama diatas adalah Marquez, rider Cervera itu kembali menjadi ancaman serius untuk semua pembalap tahun ini, termasuk The Doctor.

Sejak naik ke MotoGP pada musim 2013 lalu, Marquez selalu berhasil menjadi juara dunia, kecuali pada musim 2015.

Saat ini Marquez berhasil dikalahkan oleh duet Lorenzo-Rossi di Yamaha, kala itu Lorenzo berhasil menjadi juara dunia, Rossi sebagai runner-up, sedangkan Marquez harus puas finis ketiga.

Artinya Rossi baru satu kali menang melawan Marquez di tabel klasemen akhir, sementara Marquez sudah berhasil juara dunia lima kali dalam enam tahun pertamanya di kelas utama.

Hubungan dan rivalitas Rossi vs Marquez yang rumit dan kompleks membuat keduanya sering, baik di lintasan saat balapan maupun di luar lintasan dengan perang verbal.

Memasuki musim 2019 ini, baik Rossi maupun Marquez tentu punya terget menjadi yang terbaik di akhir musim nani, tapi apakah Rossi sudah benar-benar siap bertarung melawan Marquez?

Dalam dua musim terakhir, Rossi terlalu banyak gagal ketimbang sukses di tiap seri balapnya, bahkan ia sudah tak pernah menang lagi sejak Assen 2017.

Rossi juga mengeluhkan performa motornya yang belum meningtak, tapi bagaimana dengan kekuatan motor Rossi di 2019 ini?

Sementara dengan Marquez, tampaknya ia lebih santai dari pembalap manapun di Grand Prix, kombinasi pabrikan besar Honda yang membawa paket motor sangat matang dengan talenta luar biasa dari seorang Marquez akan terus menghasilkan grafik yang semakin menanjak.

Marquez yang sudah bukan lagi pembalap pemula, akan tampil lebih baik lagi dari musim ke musim, ia bisa belajar dengan cepat mengelola balapan dan kompetisi, pengalaman panjang ini akan membuatnya terhindar dari kesalahan fatal yang pernah menimpanya pada musim 2015 lalu.

Terutama dalam dua musim terakhir ini, Marquez tak tersentuh banyak pembalap, hanya ada nama Dovi dan Lorenzo yang mampu merepotkan Marquez di beberapa balapan, itu pun tak terlalu berpengaruh terhadap dominasi Marquez di papan klasemen.

Jadi, jika Rossi ingin kembali merebut gelar juara dunia, mau tidak mau dia harus mengalahkan Marquez, kunci utamanya ada pada performa motor.

Karena bagi Rossi, usia hanyalah angka, 40 tahun tak terlalu berbeda dengan pembalap 30 tahun baginya.

Jika ia diberi motor kompetitif yang siap menang dan mampu bertarung merebut gelar, maka dengan pengalaman panjangnya di Grand Prix, mengalahkan Marquez adalah hal yang sangat mudah bagi Rossi. (DN/eV)

NEXT: Rossi: Marquez Pemberani dan Tak Peduli Risiko