Home Gosip Lorenzo Tak Bisa Kalahkan Marquez dengan Honda

Lorenzo Tak Bisa Kalahkan Marquez dengan Honda

Lorenzo Tak Bisa Kalahkan Marquez dengan Honda
Marc Marquez vs Jorge Lorenzo, Tes Pra-musim MotoGP 2019 Jerez, Spanyol 2018 / runganSport © Twitter/MotoGP.

Jakarta, runganSport — Pembalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo akan bergabung dengan Repsol Honda mulai musim 2019.

Ia akan bertandem dengan rekan senegaranya, Marc Marquez, sekaligus rival terberatnya di MotoGP.

Keduanya bakal menggeber motor yang sama persis, RC213V Honda versi 2019.

Tapi, apakah Lorenzo akan benar-benar bisa mengalahkan atau setidaknya bisa mengimbangi laju The Baby Alien meski menggunakan mesin yang sama?

Sepertinya hal tersebut akan sangat sulit terjadi, mengingat Lorenzo tahun 2019 baru pindah ke Honda dari Ducati.

Bagaimanapun, Lorenzo tetap butuh waktu untuk adaptasi dengan karakter mesin Honda, meski agak mirip dengan Desmosedici, tetap saja ada perbedaan perlakuan saat berkendara.

Apalagi saat ini Honda bukan motor paling kompetitif di MotoGP, Marquez sendiri mengakui bahwa Honda bukanlah paket motor terbaik di grid saat ini, melainkan Ducati.

Hanya saja, Marquez yang sungat ambisius, membuatnya mampu menaklukkan Ducati dan rider jagoan mereka, Andrea Dovizioso dengan gaya agresif.

Perpindahan Lorenzo ke Honda sangat disayangkan, karena ia mulai kompetitif bersama Ducati sejak pertengahan musim 2018 dan sudah terbukti mampu memenangkan duel, baik melawan Marquez maupun Dovi.

Andai Lorenzo tetap bertahan di Ducati musim 2019, mengalahkan Marqurez dengan Desmosedici GP19 adalah perkara mudah bagi Lorenzo.

Tapi tidak dengan Honda tahun depan, Lorenzo akan menggeber motor yang sama sekali baru baginya dan motor yang tidak sekompetitif Ducati.

Buktinya adalah kedua pembalap Honda (2018) lainnya, Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow tak mampu tampil setangguh Marquez meski motor ketiganya sama persis.

Apakah karena gaya pengembangan RC213V saat ini agak condong kepada gaya Marquez atau karena faktor lain?, yang jelas Lorenzo akan lebih kesulitan mengalahkan Marquez dengan Honda ketimbang dengan Ducati. (DN/eV)

NEXT: 10 Pembalap Baru di Moto2 2019, Satu dari Indonesia