Home Gosip Ruginya Ducati Lepas Rider Sekaliber Lorenzo ke Honda

Ruginya Ducati Lepas Rider Sekaliber Lorenzo ke Honda

Ruginya Ducati Lepas Rider Sekaliber Lorenzo ke Honda
Jorge Lorenzo, Repsol Honda MotoGP 2019 / runganSport © Speedweek.

Milan, runganSport — Di MotoGP sangat jarang sekali ada pembalap sekaliber Jorge Lorenzo dalam 15 tahun terakhir.

Jadi, keputusan Ducati untuk melepas Sang Mallorcan adalah tindatakan yang amat salah, apalagi melepasnya untuk Honda.

Tahun pertama Lorenzo bersama Ducati dihabiskan dengan penuh kegagalan, membuat para petinggi Ducati tak menaruh harapan banyak pada rider Spanyol itu di musim kedua.

Bahkan sejak awal tahun Ducati sudah mengonfirmasi kontak bakap Andrea Dovizioso akan diperpanjang dua tahun lagi, sementara Lorenzo tidak.

Rumor pemecatan Lorenzo oleh Ducati kian santer terdengar menjelang balapan GP Prancis, membuat Lorenzo tak punya banyak pilihan saat itu, karena keputusan ada di pihak Ducati.

Akhirnya Ducati benar-benar tidak memperpanjang kontrak Lorenzo, keputusan itu diumumkan sesaat menjelang kemenangan perdana Lorenzo bersama Ducati di GP Italia.

Tentu saja hasil ini membuat pihak Ducati sangat kaget dan langkah mereka yang gegabah mulai menjadi penyesalan.

Tak hanya sampai di situ, Lorenzo bahkan berhasil menang beruntun di Catalunya dan sangat mendominasi di paruh kedua balapan, sebelum ia mengalamai kecelakaan fatal di MotoGP Aragon.

Manajer Lorenzo, Albert Valera mengatakan kepada direktur olahraga Ducati, Paolo Ciabatti sesaat setelah kemenangan perdana Lorenzo di Mugello.

“Sudah terlambat,” jelasnya.

Nampaknya menepas Lorenzo menjadi kesalahan terbesar Ducati, mereka memberikan komitmen kepada Dovi dengan mendapat prioritas karena Lorenzo hanya mencetak enam poin dalam empat balapan pertama.

Andai Ducati bisa bersabar sedikit saja soal Lorenzo, maka mungkin pada 2019 Ducati bisa meraih gelar juara dunia lewat X-Fuera.

Lorenzo bagaimanapun adalah pembalap yang pernah menaklukkan Yamaha, dengan tiga gelar juara dunia, Lorenzo selama berada di Yamaha selalu berhasil merepotkan
tandemnya, Valentino Rossi.

Lorenzo akan digantikan oleh pembalap Italia, Danilo Petrucci di tim pabrikan Ducati. (DN/eV)

NEXT: Doohan: Lorenzo Tak Punya Alasan Kalah dari Marquez