Home Gosip Virus Corona: MotoGP Spanyol, Prancis dan Italia Terancam Batal?

Virus Corona: MotoGP Spanyol, Prancis dan Italia Terancam Batal?

Virus Corona: MotoGP Spanyol, Prancis dan Italia Terancam Batal?
Alex Rins (Suzuki Ecstar) MotoGP Jerez, Spanyol 2019 / runganSport © MotoGP.

Jika Spanyol, Prancis dan Italia gagal menggelar balapan sesuai jadwal, maka tak ada aksi di lintasan MotoGP sampai akhir Juni mendatang.

Doha, runganSport — Balapan pembuka MotoGP musim 2020 ini sudah berlangsung di sirkuit Losail, Qatar pada Minggu 8 Maret yang lalu.

Tapi yang berhasil menggelar balapan hanya kelas Moto3 dan Moto2, sementara kelas MotoGP telah dibatalkan, artinya tak ada balapan pengganti dikemudian hari di luar jadwal asli.

Setelah Qatar, cerita sedikit berbeda datang dari Thailand, Amerika Serikat dan Argentina.

Ketiga negara ini menyatakan diri tidak siap menggelar balapan sesuai jadwal awal, jelas terkait dengan wabah Coronavirus, maka sudah diputuskan untuk Thailand diundur ke Oktober, sementara AS dan Argentina ditunda sampai November.

Artinya, sejauh ini sudah ada empat negara yang gagal menggelar MotoGP sesuai dengan kalender.

Padahal, secara statistik dampak virus Corona di Qatar, AS dan Argentina terbilang rendah dibanding dengan beberapa negara di Eropa.

Sementara itu, balapan setelah Argentina, dijadwalkan akan berlangsung di Spanyol (Jerez), Prancis (Le Mans) dan Italia (Mugello).

Di negara dengan dampak Coronavirus yang tak terlalu banyak saja MotoGP dibatalkan dan ditunda, lalu bagaimana dengan Spanyol yang sudah ada 2.000 lebih infeksi Coronavirus, di Prancis sudah ada beberapa kejuaraan lain yang dibatalkan, sementara Italia adalah salah satu negara dengan infeksi Coronavirus tertinggi sejauh ini.

Jadi, untuk saat ini belum ada balapan yang bisa diperkirakan dengan jelas, meski ada jadwal yang tertera dengan pasti, kondisi berubah dengan cepat dan kalender dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca: Sampai Kapan MotoGP 2020 Ditunda?

Dan jika ketiga negara ini gagal menggelar MotoGP, artinya tak akan ada balapan hingga pertengahan Juni mendatang. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here