Home Hasil Race Hasil Race MotoGP Qatar 2020: Penjelasan Tak Ada Kelas MotoGP

Hasil Race MotoGP Qatar 2020: Penjelasan Tak Ada Kelas MotoGP

Hasil Race MotoGP Qatar 2020: Penjelasan Tak Ada Kelas MotoGP
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) Tes Pra-musim MotoGP 2020 Losail, Qatar 2020 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Grand Prix Qatar 2020 hanya menjalankan balapan untuk kelas Moto2 dan Moto2, sementara kelas MotoGP dibatalkan terkait wabah Coronavirus.

Doha, runganSport — Grand Prix musim 2020 telah berhasil dimulai pada Minggu, 8 Maret malam di sirkuit Losail, Qatar.

Negara ini sudah sejak lam menjadi acara pembuka untuk balap roda dua paling akbar di dunia.

Diawali dengan kelas paling rendah, yakni Moto3, balapan selalu menyuguhkan pertarungan yang ketat sejak awal sampai finis.

Apalagi ini menjadi aksi perdana setelah sekian lama deru mesin prototipe tak terdengar lagi.

Pembalap Spanyol, Albert Arenas dengan gemilang membuka musim lewat kemenangan di Losail, mengalahkan pembalap Inggris, John McPhee yang harus puas finis kedua.

Drama terjadi untuk pemilik podium tiga Qatar malam tadi.

Jaume Masia berhasil melewati garis finis di posisi ketiga, artinya ia berhak atas podium terkahir di Doha, sayangnya ia terkena hukuman turun satu posisi lantaran menyentuh Track Limit.

Akibatnya, Ai Ogura yang sebelumnya finis keempat, naik satu posisi dan mengambil podium tiga.

Baca: Hasil Race Moto3 Qatar 2020

Kejutan tak hanya terjadi di kelas Moto3, karena balapan Moto2 tak kalah menariknya.

Memulai balapan dari posisi start kedua, jagoan Italia, Luca Marini langsung memimpin balapan hampir sampai finis.

Sayangnya, ia mengalami penurunan kecepatan di saat balapan masih menyisahkan enam lap, ia terpaksa membiarkan pembalap lain menyalipnya lantaran tak punya pilihan lain.

Sejak Marini tak lagi memimpin balapan, kejutan mulai bermunculan di lini paling depan.

Pada akhirnya malam terang benderang di padang pasir Losail menjadi milik rider Jepang, Tetsuta Nagashima, yang berhasil kabur dari kejaran Lorenzo Baldassarri dan Enea Bastianini di
dua lap akhir.

Baca: Hasil Race Moto2 Qatar 2020

Seharunya setelah balapan Moto3 dan Moto2, sajian utamanya adalah pertarungan kelas para raja, duel yang dinanti-nanti antara Andrea Dovizioso vs Marc Marquez urung
terlaksana.

Batalnya balapan untuk kelas MotoGP di Qatar sudah jauh-jauh hari diumumkan, alasan utama dan paling kaut adalah antisipasi wabah virus Corona oleh pemerintah setempat.

Jika ada ancaman virus Corona, lalu mengapa Moto3 dan Moto2 tetap jalan, tapi tak ada kelas utama?

Jadi, kelas Moto3 dan Moto2 awalnya menjalani tes Pra-musim di Qatar seminggu sebelum balapan dimulai, seluruh pembalap dan tim telah berada di Doha sejak saat itu dan mereka tak berencana untuk meninggalkan Qatar meski balapan masih tujuh hari lagi.

1 Maret 2020, pihak pemerintah Qatar mulai memberlakukan Pembatasan Kedatangan ke negara mereka dari negara-negara yang terdampak virus Corona, salah satunya dari
Italia.

Saat peraturan ini keluar, seluruh pembalap dan tim Moto3 dan Moto2 sudah ada di Qatar dan secara teknis mereka tak terganggu dengan peraturan itu, sementara untuk rider dan tim MotoGP, baru ada dua orang yang berada di sirkuit Losail saat itu, yakni Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Memang motor dan perlengkapan seluruh tim sudah ada di paddock masing-masing di sirkuit Losail, tapi kebanyakan pembalap masih berada di rumah atau tempat bisnis/liburan masing-masing saat itu.

Yang paling menjadi masalah adalah pembalap dan orang-orang penting terlibat dari atau pernah berada di Italia dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Karena jika orang-orang Italia ingin masuk ke Qatar, mereka harus dikarantina selama 14 hari terlebih dahulu.

Dorna Sport selaku penyelenggara mengatakan sudah berupa keras meminta Qatar agar MotoGP tetap jalan, tapi aturan tetaplah aturan dan tak ada pilihan lain selain dibatalkan.

Dibatalkan dalam artian hanya untuk kelas MotoGP, karena mereka tidak berada di Losail tepat waktu, sementara jajaran Moto3 dan Moto2 yang sudah tiba di Losail sepekan sebelum pengumuman pembatasan, bisa menjalani balapan sebagaimana semestinya.

Akhirnya, tak ada balapan untuk kelas MotoGP dan klasemen sementara belum terhitung, balapan perdana untuk kelas MotoGP tahun ini direncankan di MotoGP Amerika pada 5 April yang akan datang. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here