Pembalap Indonesia Berpeluang Gabung Tim Rossi Moto2 2022

0
13429
Pembalap Indonesia Berpeluang Gabung Tim Rossi Moto2 2022
Keminth Kubo (VR46 Master Camp Team) Latihan Bebas 1 Moto2 Catalunya, Spanyol 2021 / runganSport © Gold & Goose / Motorsport Images.

Galang Hendra Pratama berpeluang tampil di Moto2 2022 bersama tim Valentino Rossi, Yamaha VR46 Master Camp Team.

Jakarta, runganSportFederation Internationale de Motocyclisme (FIM) telah dengan resmi merilis daftar tim peserta kelas Moto2 dan Moto3 untuk musim balap 2022.

Kedua kelas masing-masing terdiri dari 15 tim dan 30 pembalap, dengan rata-rata dua pembalap dalam satu tim.

Hal menarik adalah tim milik pembalap Italia, Valentino Rossi, yang akan menurunkan satu tim di kelas Moto3 dan dua tim di kelas Moto2.

Untuk Moto3, Rossi akan menurunkan tim Avintia VR46 Riders Academy, sedangkan di Moto2 tampil dengan tim Aramco VR46 Team dan Yamaha VR46 Master Camp Team, yang akan memutuhkan empat pembalap.

Yamaha VR46 Master Camp Team merupakan proyek baru Rossi bersama Yamaha, dengan ini ada sedikit harapan bagi beberapa nama pembalap asal Indonesia yang sempat berguru ke markas Rossi di Tavullia.

Motorsport melaporkan bahwa beberapa tahun lalu sejumlah pembalap Indonesia pernah mengikuti program pelatihan pembalap muda untuk turun di kejuaraan balap kelas dunia.

Sebut saja pembalap World Supersport (WSSP) saat ini, Galang Hendra Pratama (angkatan 2016 bersama Imanuel Putra Pratna), Anggi Setiawan (Mei 2017), dan Muhammad Faerozi Toreqottullah (September 2018).

Kehadiran Yamaha VR46 Master Camp Team di kelas Moto2 2022 membuka sedikit peluang bagi pembalap Indonesia untuk tampil di kelas menengah itu musim depan.

Rider kebanggaan Yogyakarta, Galang Hendra menjadi pembalap paling berpeluang mendapat kesempatan itu, karena sudah dalam dua musim terakhir ini menunggangi Yamaha YZF R6 di WSSP, dan tiga musim turun di WSSP300 sebelumnya.

Tentu saja masih ada hal lain yang tak kalah penting yang menjadi pertimbangan bisa tidaknya Galang Hendra tampil di Moto2 bersama tim Rossi, yang paling penting tentu saja dukungan sponsor atau finansial.

Tahun 2021 ini tak ada pembalap Indonesia di kelas Moto2, dengan musim 2019 ada Dimas Ekky Pratama (Idemitsu Honda Team Asia), dilanjut oleh Andi Gilang (Idemitsu Honda Team Asia) di tahun 2020 kemarin.

Baca: Jadwal Sementara MotoGP 2022: Mandalika Gelar Balapan 20 Maret

Apakah kita akan kembali melihat perwalikan Indonesia di Moto2 tahun 2022, entah mereka bersama tim Rossi/Yamaha atau di tim Honda? (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here