Home MotoGP Bahaya! Rossi Mulai Cemas M1 2020 Kurang Garang

Bahaya! Rossi Mulai Cemas M1 2020 Kurang Garang

Bahaya! Rossi Mulai Cemas M1 2020 Kurang Garang
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) Tes pra-musim MotoGP 2020 Jerez, Spanyol 2019 / runganSport © MotoGP.

Bos Yamaha mengatakan bahwa mungkin tak akan ada tapi berupahan besar pada M1 2020 di tes Sepang nanti, hal ini jelas membuat Valentino Rossi Khawatir

Jerez, runganSport — Selama ini yang menjadi masalah dan keluhan utama pembalap Yamaha adalah akselerasi, top speed dan grip ban belakang.

Perlahan Yamaha mulai berbeda untuk membuat motor yang bisa bersaing dengan meminimalisir kelemahan mereka, tapi  tampaknya power besar untuk mencapai top speed yang tinggi akan sulit dicapai.

Bos Yamaha, Massimo Meregalli mengakui mesin Yamaha M1 2020 yang akan tersedia di tes Sepang pada Februari mendatang, tidak mungkin memiliki perbaikan besar dibandingkan dengan spesifikasi dalam tes Valencia dan Jerez kemarin.

Jadi, Maverick Vinales dan Valentino Rossi masing-masing sudah mengujicoba satu prototipe 2020 M1 untuk tes pasca-musim di Spanyol, yang menampilkan mesin baru serta
part-part baru lainnya.

Meskipun mesin menghasilkan tenaga lebih besar dari motor versi 2019, tapi Yamaha masih kalah sekitar 10 km/jam dari Honda dan Ducati.

Rossi dan Vinales sudah berulang kali sepanjang 2019 ini memohon agar Yamaha mampu menghadirkan motor dengan power lebih lagi, guna menyamai para pesaingnya.

Tapi Meregalli yakin motor yang digunakan dalam tes kemarin, speknya sudah dekat dengan versi final yang akan disegel menjelang balapan pembukaan tahun 2020 di Qatar pada bulan Maret mendatang.

Artinya, tak akan ada tambahan besar lagi pada Yamaha 2020, kira-kira motornya akan seperti yang diuji oleh Rossi dan Vinales di Jerez kemarin.

“Ya, kami membaik tetapi mereka (Ducati dan Honda) juga membaik.

Di sini (di Jerez), seperti yang Anda tahu, bukan sirkuit di mana top speed membuat perbedaan, dan juga memeriksa hasil pada akhirnya kesenjangannya tidak besar.

Tapi di Valencia pasti itu lebih besar,” kata Meregalli mengomentari mesin baru Yamaha yang masih kekurangan kecepatan puncak.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya, kami berharap untuk menerima beberapa pembaruan kecil di Sepang, tapi saya tidak mengharapkan sesuatu yang lebih besar, karena seperti yang Anda tahu driveability, daya tahan sangat penting.

Untuk mencapai titik ini, pasti, mereka (insinyur) menghabiskan banyak waktu dan untuk ini saya tidak bisa membayangkan.. itu bukan versi final, tetapi kami sudah dekat,” sambungnya sebagaimana diberitakan AutoSport.

Komentar bos Yamaha itu jelas membuat khawtir Rossi, karena Rossi sendiri ingin motor dengan power lebih besar lagi untuk bisa kompetitif.

“Ya,” jawab Rossi mengakui khawatir dengan komentar Meregalli.

“Jadi, bagi saya mesinnya berjalan dengan baik, tapi gap (top speed) masih besar karena jika Anda mengambil 10km/jam, 9km/jam (defisit), ketika Anda punya waktu yang lebih lama itu adalah masalah besar.

Kami merasakan sesuatu (positif), tapi kami membutuhkan lebih banyak (power). Saya berharap mereka dapat sedikit meningkat untuk tahun depan,” harap Rossi. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here