Home MotoGP Begini Cara Rins Sikat Marquez di Garis Finis Silverstone

Begini Cara Rins Sikat Marquez di Garis Finis Silverstone

Begini Cara Rins Sikat Marquez di Garis Finis Silverstone
Alex Rins (Suzuki Ecstar) vs Marc Marquez (Repsol Honda) Race MotoGP Silverstone, Inggris 2019 / runganSport © MotoGP.

Alex Rins mengalahkan Marc Marquez di garis finis MotoGP Inggris dengan penuh perhitungan dan tampil cerdar sepanjang balapan.

Silverstone, runganSport — Memulai balapan dari posisi start kelima, pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins tampil mengejutkan di MotoGP Inggris, Minggu (25/8).

Mengalahkan rider Repsol Honda, Marc Marquez tepat di garis finis di tikungan akhir lap pamungkas dalam balapan 20 putaran di Silverstone.

Marquez yang digdaya sepanjang balapan, harus mengaku kalah di detik terakhir dengan selisih super tipis +0,0,13 detik.

Ini menjadi kemenangan kedua untuk Rins setelah podium utama di MotoGP Amerika awal musim.

Saat itu, Rins berhasil mengalahkan rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi di Austin.

“Ini luar biasa! balapan ini sangat gila bagi saya. Saya melakukan beberapa kesalahan dan di tikungan pertama saya hampir jatuh,” kata Rins sangat gembira usai balapan berlangsung, sebagaimana dimuat Crash.

Rins di Tikungan 1 sempat hampir jatuh karena ban belakangnya spin, mungkin karena masih dingin.

“Saya tidak tahu apakah itu karena ban dingin atau apa, tapi toh saya bisa memperbaiki laju saya,” sambung rider Spanyol itu.

Sirkuit Sillverstone yang mengalir dengan lintasan lurus yang tak terlalu panjang, rupanya sangat memanjakan GSX-RR milik Suzuki

Dengan lintasan seperti ini, Suzuki bisa mengimbangi laju Honda di lintasan lurus, tapi tetap unggul di kecepatan tikungan.

Sebelum pertarungan di dua lap akhir, ditengah balapan Marquez sempat sedikit mengendurkan gas untuk melihat apa yang dilakukan Rins.

“Kami mulai bermain sedikit. Marquez sedikit menutup gasnya dan saya melewatinya, tapi saya langsung membiarkannya lewat karena dia lebih lebih cepat di sektor terakhir, saya tidak ingin titik lemah saya terbongkar,” ujar Rins dengan cerdas mengamati lawannya di lintasan.

Rins sadar bahwa ia punya keuntungan di tikungan, terutama saat perubahan arah yang cepat.

“Saya lebih kuat dari Marquez di semua tikungan cepat dan Chicane. Tetapi di sektor terakhir, dia jauh lebih cepat dari saya dalam akselerasi dari tiga tikungan lambat sebelum tikungan terakhir.

Tapi untungnya saya bisa mendapatkan titik terbaik darinya di tikungan terakhir. Kalau tidak, Marquez bisa menjauh,” sambungnya.

Sebenarnya Rins melancarkan serangan di tikungan akhir dua kali, pertama lewat racing line kiri di sisi luar sirkuit, yang membuatnya terjebak dengan pinggir lintasan, kemudian di lap terakhir ia mengambil sisi dalam di bagian kanan, dan akhirnya unggul tipis atas kompatriotnya itu.

“Saya melakukan kesalahan yang sangat besar, dua lap hingga akhir. Saya pikir itu adalah lap terakhir dan mencoba menyalip Marquez dari sisi luar.

Ketika saya melihat Marquez masih tetap membuka gas penuh setelah garis finis, saya baru sadar masih ada sisa satu lap lagi,” akui jagoan Suzuki itu.

Andaipun itu adalah lap terakhir, Rins tetap menang karena data grafik menunjukkan pada saat menyentuh garis finis, Rins sudah di depan Marquez, jadi Rins tetap unggul dari Marquez baik dari sisi kiri maupun kanan, di dua lap akhir maupun di lap pamungkas.

Detail pergerakan di tikungan akhir lap terakhir adalah; Marquez melintasi tikungan dengan normal, tapi Rins sedikit lebih lambat, lalu bergerak memotong ruang di bagian dalam dan kemudian memaksimalkan daya tariknya untuk menarik kecepatan 7 mph lebih cepat ketimbang Marquez di titik keluar tikungan, yang akhirnya berhasil dan membaa kemenangan +0,013 detik untuk Rins.

Kemenangan ini membuat Rins kembali naik ke posisi klasemen sementara, unggul empat poin dari rider Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci dan 23 poin di belakang posisi dua Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati). (DN/eV)

NEXT: Gagal Podium Silverstone, Apa Lagi Masalah Rossi?

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here