Home MotoGP Contek Pedrosa, Vinales Start Tanpa Bantuan Elektronik

Contek Pedrosa, Vinales Start Tanpa Bantuan Elektronik

Contek Pedrosa, Vinales Start Tanpa Bantuan Elektronik
Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) vs Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) vs Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP Jerez, Andalusia 2020 / runganSport © MotoGP.

Maverick Vinales terinspirasi oleh Dani Pedrosa di tes Portimoa tentang trik start tanpa bantuan elektronik.

Aragon, runganSport — Rider asal Spanyol yang menjadi andalan Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales selalu tampil kompetitif dan sangat cepat di sesi Latihan Bebas dan Kualifikasi.

Sayangnya, performa gemilang Vinales kerap hilang begitu saja di sesi balapan.

Salah satu kendala utamanya adalah start, Vinales masih kesulitan melakukan start walau berada di posisi terdepan.

Begitu balapan dimulai, Vinales yang ada di baris depan biasa menghilang begitu saja dan tiba-tiba sudah ada di baris tengah atau belakang.

Diakui Vinales bahwa masalah start memang menjadi salah satu kelemahan terbesarnya selama ini.

Tapi sepertinya ia sekarang sudah mendapat sedikit inspirasi ketika mengamati pembalap penguji Red Bull KTM Factory Racing, Dani Pedrosa di tes Portimao kemarin.

Pedrosa melakukan latihan start tanpa menggunakan elektronik, yakni dengan mematikan kontrol peluncuran.

“Di Portimao saya melihat Pedrosa start tanpa elektronik. Sepertinya begitu cepat. Saya mencoba, mencoba dan mencoba. Dalam latihan itu benar-benar bagus. Lebih baik dari start normal. Tapi dalam balapan itu sangat sulit,” kata Vinales di Aragon. Kamis (15/10) dalam berita yang dimuat Crash.

“Saya membutuhkan lebih banyak latihan untuk start menjadi kompetitif. Saya akan terus berusaha. Saya akan mencoba melakukannya dengan cara saya dan saya akan mencoba untuk menjadi lebih kompetitif dari balapan sebelumnya,” janji rider Spanyol itu.

Selain itu, Vinales, yang melorot dari posisi kelima di grid ke luar sepuluh besar setelah chicane pertama di Prancis, mengatakan masalahnya adalah kebisingan motor lain di sampingnya.

Selama ini Vinales masih menggunakan perangkat holeshot untuk menurunkan bagian belakang Yamaha-nya, juga tersedia fitur kontrol traksi normal yang tersedia; “Satu-satunya hal yang tidak saya gunakan adalah kontrol peluncuran,” akuinya.

Baca: Penyebab dan Kronologi Rossi Positif Corona

Vinales saat ini memegang posisi keempat di klasemen sementara, dengan hanya tertinggal 19 angka dari pemimpin kejuaraan, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) menjelang seri Aragon akhir pekan ini. (DN/eV)

1 Komentar

  1. Jauh2 napa gk yg dekat aja tiru startnya jorge lorenzo, sejauh pengamatan start dia jauh sempurna drpd 3 joki m1 lainnya

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here