Home MotoGP Crutchlow Bongkar Data Motor Marquez, Apa Bedanya?

Crutchlow Bongkar Data Motor Marquez, Apa Bedanya?

Crutchlow Bongkar Data Motor Marquez, Apa Bedanya?
Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP 2019 / runganSport © MotoGP.

Le Mans, runganSport — Tahun ini Honda menurunkan empat pembalapnya di kelas MotoGP, mereka adalah Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami.

Tapi hanya Marquez seorang diri dari Honda yang mampu tampil dominan selama musim ini berlangsung.

Lima seri sudah diselenggarakan dan Marquez berhasil menang tiga kali.

Pembalap Honda lainnya begitu kesulitan, tak mampu tampil secepat Marquez, terutama pembalap baru mereka, Lorenzo.

Crutchlow punya hak mengakses penuh ke data Marquez karena sama-sama berada dalam payung HRC, jadi Crutchlow lah pembalap yang paling tahu soal masalah teknis Marquez ketimbang pembalap lain.

“Saya bisa melihat data bagaimana Marquez melakukannya, tapi tidak ada orang lain yang bisa melakukan seperti yang dia lakukan, sesederhana itu,” unkap Crutchlow usai Marquez membawa RC213V menang tiga kali sejauh ini.

“Di tikungan keluar dia biasanya tidak sekuat itu, tapi saat masuk tikungan dan pertengahan tikungan, itulah titik kuatnya dan yang membedakan dengan pembalap lain,” jelas rider Inggris.

Lebih lanjut, Crutchlow juga menjabarkan kalau Marquez biasa melakukan kesalahan dan nyaris terjatuh, tapi tetap bisa menyelamatkan diri untuk tidak terjatuh.

“Marquez bisa mengendalikan bagian depan motornya dan seringkali selamat, saya tidak tahu.

Dia juga biasa kehilangan kontrol jauh lebih banyak dari saya tetapi dia menyelamatkannya. bagaimana dia melakukan itu? Saya tidak tahu!

Marquez hanya mendorong dirinya ke tanah dan mengambilnya kembali! Saat ini ia tidak terkalahkan, ia membuat perbedaan,” akuinya.

Saat ini Marquez sudah menang tiga kali dalam lima balapan awal dan berada di puncak klasemen, sementara pembalap Honda lainnya masih kesulitan dengan motor mereka. (DN/eV)