Home MotoGP Data: Rossi Muda vs Marquez Muda, Siapa Lebih Jago?

Data: Rossi Muda vs Marquez Muda, Siapa Lebih Jago?

Data: Rossi Muda vs Marquez Muda, Siapa Lebih Jago?
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) vs Marc Marquez (Repsol Honda) Kualifikasi MotoGP Misano, San Marino 2019 / runganSport © MotoGP.

Jika masih sama-sama muda, siapa yang paling jago antara Valentino Rossi vs Marc Marquez, berikut perbandingan data 200 Grand Prix pertama mereka.

Jakarta, runganSport — Perdebatan siapa yang hebat dan jago antara rider Italia, Valentino Rossi vs jagoan Spanyol, Marc Marquez selalu menarik untuk dibahas.

Beberapa kubu menyebut jika Rossi masih lebih baik dari Marquez, begitu sebaliknya ada juga kelompok yang menjelaskan jika Marquezlah yang terbaik.

Jika melihat kondisi sekarang ini, perbandingan Rossi vs Marquez menang tak ideal, hal ini karena perbedaan umur yang sangat besar antara kedua bintang itu.

Musim 2013 sampai sekarang jika sepakat untuk menyebut dengan era Marquez, sejak kedatangannya di kelas utama, Marquez memang sangat mendominasi.

Bahkan ia berhasil menjadi juara tiap tahunnya kecuali pada 2015, saat itu The Baby Alien hanya finis ketiga di klasemen akhir.

Di tahun 2015 ini juga menjadi kesempatan satu-satunya Rossi mengalahkan Marquez sejauh ini, Rossi ketika itu berada di posisi runner-up klasemen, dengan Jorge Lorenzo sebagai juara dunia.

Perbandingan ini tentu kurang ideal untuk mengukur kinerja kedua bintang besar ini, maka dari itu berikut laporan data berdasarkan 200 Grand Prix perdana kedua pembalap, kira-kira siapa yang lebih baik?

Valentino Rossi (Italia)
Pole: 51 V
Menang: 91 ^
Podium: 144 ^
Juara dunia: 7 =

Marc Marquez (Spanyol)
Pole: 89 ^
Menang: 78 V
Podium: 129 V
Juara dunia: 7 =

Berdasarkan data start 200 Grand Prix keduanya masing-masing di atas, Rossi memang kalah dari jumlah posisi Pole, tapi fakta ini membuktikan bahwa The Doctor kuat saat balapan, dengan tanpa Pole ia masih mengantongi kemenangan lebih banyak dari Marquez.

Berbeda dengan Marquez, ia meraih Pole lebih banyak, kali kemenangan yang ia dapat masih dibawah pencapaian Rossi, begitu juga dengan raihan podium, dimana Rossi kembali unggul.

Tapi untuk jumlah gelar juara dunia, baik Rossi maupun Marquez keduanya sama-sama berhasil dengan 7 gelar.

Baca: Siapa Rider Paling Jago Ngerem, Rossi atau Marquez?

Jadi, menurut kamu siapa yang lebih baik dan jago antara Rossi vs Marquez, silakan tulis pendapat kamu di kolom komentar di bawah. (DN/eV)

23 COMMENTS

    • wkwkwk katanya gak fair dilihat dari umur… harus datanya diambil dari umur di GP lah baru adil. berapa prosentase nya..

    • Hanya data.rekor Masa lalu saja yg bisa dibanggakan vr46 dimasa sekarang dan akan datang habis rekor rosi dibantai marquez

  1. Tunggu bro. Marquez masih muda bro. Masih bisa nambah gelar sampe seumur rossi. Masih muda aj udh 7 gelar. Gimana ampe tuir.

  2. Saya pilih Rossi..
    Marquez belum,, klo dia memang hebat, berani tidak dia tinggalkan honda dan tunggangi motor lain. Kita mau liat kehebatannya dengan motor dan tim yg lain.

  3. Marc marques.kalau dulu musuhnya tak sehebat sekarang.dan kecepatan motornya hampir merata sekarang di banding zaman rosi belia

  4. Kl w milih rosilah waktu eranya rosi,dia star d posisi brp ja dia bisa masuk 5 besar. Pa pembalap lain bisa sprt rosi…?

  5. wkwkwk katanya gak fair dilihat dari umur… harus datanya diambil dari umur di GP lah baru adil. berapa prosentase nya..

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here