Home MotoGP Dovi Penyebab Awal Kecelakaan Beruntun Catalunya?

Dovi Penyebab Awal Kecelakaan Beruntun Catalunya?

Dovi Penyebab Awal Kecelakaan Beruntun Catalunya?
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) vs Jorge Lorenzo (Repsol Honda) vs Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) vs Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) Race MotoGP Catalunya, Spanyol 2019 / runganSport © MotoGP.

Barcelona, runganSport — Rider Repsol Honda, Jorge Lorenzo terjatuh di Tikungan 10 sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (16/6) akhir pekan lalu.

Juga menyeret tiga rider lainnya, Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha).

Keempatnya kemudian tak dapat melanjutkan balapan dan pulang tanpa poin.

Lorenzo setelah itu langsung bertanggungjawab dengan memberikan penjelaskan bahwa ia telah melakukan kesalahan di tikungan tersebut, meminta maaf kepada tiga pembalap yang ia jatuhkan, juga mengunjungi paddock masing-masing.

Tapi, apakah kecelakaan beruntun itu murni hanya kesalahan Lorenzo seorang?

Vinales menjadi pembalap yang paling kesal kepada Lorenzo setelah kejadian di lap kedua itu, ia bahkan sempat mengacungkan jari tengah saat mengangkat motornya, sesampai di paddock ia juga membuat gerakan menunjuk-nunjuk kepala, yang artinya mungkin “pakai otakmu”, pesan sakit hati yang tentu saja ditujukan kepada X-Fuera.

Ada teori yang cukup menarik bahwa Dovi bisa saja menjadi penyebab awal kecelakaan beruntun di Tikungan 10 sirkuit Catalunya.

Menjelang Tikungan 10 pada lap kedua balapan Catalunya, empat pembalap teratas bersiap masuk tikungan, berutut-turut adalah Dovi, Marc Marquez, Vinales dan Lorenzo.

Dovi awalnya berasa di sisi kanan (luar), kemudian di posisi kedua ada Marquez di sisi kiri (dalam), dibelakang mereka Vinales di sebelah kanan dan Lorenzo sudah jelas di sebelah kiri.

Begitu memasuki Tikungan 10, Marquez berhasil melewati Dovi, karena posisi rider Italia itu berada di sisi luar, ciri khas Dovi adalah selalu ingin segera membalas menyalip jika dalam kondisi duel jarak dekat seperti ini.

Seperti kebanyakan duel Dovi vs Marquez sebelum-sebelumnya, Dovi selalu berhasil membalas overtake Marquez dengan jurus memotong/melipat/menyeberang racing line, tepat sesaat setelah dilewati Marquez.

Jadi, yang seharusnya Marquez sudah berada di kiri, tapi Dovi bisa menyisipkan diri dengan segera ke sisi lebih kiri lagi dengan jurus tersebut.

Gaya Dovi seperti ini juga sangat menguntungkan, terutama dalam hal akselerasi begitu keluar tikungan nantinya.

Pada kondisi normal, Dovi yang sudah dilewati Marquez di Tikungan 10, seharunya Dovi akan tetap berada di sisi kanan akibat overtake Marquez, tapi karena kebiasaan Dovi yang selalu membalas overtake dengan menyeberang ke sisi lain sesaat setelah dilewati oleh lawan duelnya (dalam hal ini Marquez), perpindahan cepat Dovi dari kanan ke kiri inilah yang membuat Lorenzo terjatuh.

Untuk lebih jelas, berikut video dari berbagai sisi kamera.

Lorenzo tidak siap dengan hal itu karena terlalu cepat dan jarak yang sangat mepet antara keduanya.

Dovi yang tadinya ingin menyelinap ke sisi lebih kiri dari Marquez dipertengahan tikungan, gerakannya ini membuat ruang Lorenzo terblokir.

Lorenzo pada akhirnya harus mengerem dengan “putus asa” untuk menghindari kontak langsung dengan Dovi, membuat kendali bagian depan motornya lepas begitu saja dan terjadilah kecelakaan beruntun tersebut.

Dalam kejadian di Catalunya ini, Dovi belum sampai ke sisi kiri tujannya, karena sudah lebih dulu terseret Lorenzo, yang mungkin saja terblokir karena pegerakan Dovi membuatnya kaget dan kehilangan kendali motornya.

Dovi Penyebab Awal Kecelakaan Beruntun Catalunya?
Marc Marquez (Repsol Honda) vs Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) vs Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) vs Jorge Lorenzo (Repsol Honda) Race MotoGP Catalunya, Spanyol 2019 / runganSport © MotoGP.

Perlu diingat juga bahwa Lorenzo bukan pembalap kemarin sore, ia adalah seorang juara dunia dan sudah lama di MotoGP.

Lorenzo bukan tipikal membalap yang suka menyeruduk rider lain tanpa sebab mendesak, ia dikenal pembalap lembut, penuh perhitungan dan sangat teliti.

Kemungkinan lain bisa saja penyebab kecelakaan adalah akumulasi dari kesalahan keduanya, atau memang pada dasarnya Lorenzo benar-benar melakukan kesalahan dengan sedikit terlambat mengerem saat masuk tikungan.

Sekali lagi ini hanya teori yang #runganSport rangkum dari beberapa sumber dan diskusi media sosial, yang mungkin saja bisa menjadi salah satu kemungkinan penyebab utama kecelakaan Tikungan 10.

Tapi, pada faktanya Lorenzo sudah mengakui bawah ia melakukan kesalahan, dan merasa sangat bersalah kepada tiga rider lainnya.

Jika Anda punya pandangan dan analisa lain, silakan tulis di kolom komentar di bawah. (DN/eV)

NEXT: Alex Marquez Gantikan Lorenzo di Repsol Honda

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here