Dovi Tolak Bandingkan Motor Ducati dan Yamaha, Kenapa?

0
6614
Dovi Tolak Bandingkan Motor Ducati dan Yamaha, Kenapa?
Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF) Tes MotoGP 2022 Jerez, Spanyol 2021 / runganSport © Gold and Goose / RNF MotoGP Team.

Andrea Dovizioso menolak untuk membuat perbandingan motor Ducati dan Yamaha.

Jerez, runganSport — Pembalap Italia, Andrea Dovizioso berpisah dengan Ducati pada akhir MotoGP musim 2020 yang lalu.

Ada ketidaksamaan pendapat yang membuat kedua belah pihak mengakhiri kerja sama.

Karena itu, Dovi tak mendapat tim di awal 2021, absen setahun menjadi pilihan yang tak terhindarkan baginya.

Tiba-tiba satu rider Yamaha pabrikan, Maverick Vinales memutuskan untuk meninggalkan Yamaha, peluang ini memungkinkan rider Italia lainnya, Franco Morbidelli promosi dan setim dengan Fabio Quartararo.

Kekosongan di tim Satelit Yamaha kemudian menjadi kursi untuk Dovi kembali ke MotoGP, dengan beberapa seri tersisa dari 2021 ini dia berkesempatan mengikuti balapan, menggunakan bekas motor Morbidelli, yakni M1 spek 2019.

Di tes Jerez lalu, Dovi juga sudah berkesempatan menjajal M1 yang lebih baru, yang akan menjadi kendaraannya untuk mengarungi kompetisi 2022 mendatang.

Diminta untuk membandingkan antara motor Yamaha dan Ducati, rider bernomor start #04 itu menolak, tentu ada alasannya.

“Anda bisa lebih agresif (menggunakan Yamaha) karena Anda bisa mengerem lebih dalam, tapi Quartararo hanya mengendarai Yamaha, dan menjalani balapan yang agresif dengan Yamaha.

Yamaha bagi saya sulit untuk dijelaskan seperti itu karena Anda harus sangat halus dan dari pengalaman saya di masa lalu (terutama dengan Ducati), menjadi agresif adalah cerita yang sama sekali berbeda.

Tapi ini normal ketika Anda mendapat pengalaman setahun atau kurang dan Anda membandingkan motor, dan di mana Anda bisa membandingkan dua situasi ini,” terang Dovi dalam berita yang dimuat Motorcycle Sports.

Meskipun berbeda, Dovizioso menolak untuk membandingkan kedua motor tersebut, dan mengingat M1 2019.

“Anda tidak dapat membandingkan motornya. Anda bisa lebih agresif dengan motor yang saya gunakan sekarang ketimbang versi 2019, karena yang itu (M1 2019) sangat lambat saya bisa menikung dengan sangat baik tapi di semua area lain tidak begitu bagus.

Baca: Sudah Pensiun, Stoner Bongkar Kelemahan Utama Valentino Rossi

Anda harus mulus dan hanya berakselerasi di tengah tikungan. Yang ini (M1 terbaru) lebih baik untuk mengerem lebih keras, dan memungkinkan Anda menjadi lebih agresif,” tambah Dovi menerangkan. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here