Home MotoGP Dua Rider yang Dulu Repotkan Marquez Sekarang Ada di Honda

Dua Rider yang Dulu Repotkan Marquez Sekarang Ada di Honda

Dua Rider yang Dulu Repotkan Marquez Sekarang Ada di Honda
Jorge Lorenzo (Repsol Honda) vs Stefan Bradl (HRC Team) MotoGP 2019 / runganSport © MotoGP.

Barcelona, runganSport — Pembalap asal Spanyol, Marc Marquez berhasil menjadi juara dunia dari musim 2010 sampai 2018 kemarin di selua kelas yang ia ikuti.

Tapi ada dua tahun dimana ia gagal mengamankan gelar, yakni pada musim 2011 dan musim 2015.

Marquez gagal mengamankan gelar Moto2 pada musim 2011 saat bertarung dengan pembalap asal Jerman, Stefan Bradl.

Akhirnya Bradl keluar sebagai juara dunia dan Marquez runner-up, baru di tahun berikutnya (2012) Marquez untuk pertama kalinya tampil sebagai juara Moto2.

Begitu juga pada musim 2015, ada nama Jorge Lorenzo yang berhasil mengamankan Marquez dalam perebutan gelar juara dunia kelas utama.

Dari rentang waktu 2010 sampai 2018 kemarin sejauh ini, hanya ada dua nama yang pernah mengamankan Marquez, Bradl dan Lorenzo.

Sekarang, keduanya berada di skuad Honda di MotoGP, Lorenzo bertandem dengan Marquez di Repsol Honda, sementara Bradl bertindak sebagai pembalap penguji resmi HRC.

Yang dulu musuh karena berstatus rival, sekarang menjadi teman dan rekan satu tim.

“Saat bersaing dengan Bradl, kami tak berduel dalam balapan dan tak punya hubungan buruk.

Walaupun memang ada ketegangan, tapi kami tetap saling menghormati,” akui Marquez kepada Speedweek.

Di MotoGP, pembalap yang dulunya musuh suatu hari bisa menjadi teman dekat dan berada di kubu yang sama, begitu juga sebaliknya, pembalap yang menjalin perteman bisa saja menjadi musuh karena gelar juara dunia.

Contoh lainnya adalah Valentino Rossi dan Marquez, keduanya berteman sangat akrab di kelas utama pada 2013 dan 2014, tapi berubah menjadi seteru dan terlibat banyak drama sejak 2015 kemarin.

Marquez termasuk salah satu pembalap terbaik yang pernah dimilik MotoGP dalam 10 tahun terakhir ini, ia datang untuk menang dan menjadi juara.

Belum ada rider muda lainnya yang bisa sehebat Marqurz saat ini, baik di Moto3, Moto2 dan MotoGP.

Mungkin ada beberapa talenta muda yang potensinya setara dengan Marquez, tapi di sisi lain kurang beruntung karena tak mendapat dukungan tim yang kuat dan solid seperti Marquez sejak di kelas 125cc dulu. (DN/eV)