Home MotoGP Duel Tikungan Akhir, Dovi vs Marquez 5-1

Duel Tikungan Akhir, Dovi vs Marquez 5-1

Duel Tikungan Akhir, Dovi vs Marquez 5-1
Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) vs Marc Marquez (Repsol Honda) Race MotoGP Spielberg, Austria 2019 / runganSport © MotoGP.

Sejauh ini sudah ada enam duel hingga tikungan akhir yang mendebarkan antara Andrea Dovizioso vs Marc Marquuez, dan lima diantaranya dimenangkan oleh ‘DesmoDovi’.

Spielberg, runganSport — Dalam beberapa musim terakhir ini, rivalitas utama di kelas MotoGP sudah bergeser ke rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso vs jagoan Repsol Honda, Marc Marquez.

Kedunya telah secara kuat menjadi penantang jelar juara dunia. Untuk Dovi, namanya mulai serius diperhitungkan sejak awal 2017.

Meski pada akhirnya Dovi kalah dari Marquez di 2017 dan 2018, tapi di beberapa titik lainnya, Dovi masih unggul jauh atas jagoan Spanyol itu.

Salah satu yang paling menarik dari duel rider beda generasi itu adalah usaha saling mengalahkan di tikungan final.

Sejauh ini, sudah ada sekitar enam seri yang dijalani oleh Dovi dan Marquez lewat duel sampai tikungan akhir.

Yang pertama adalah pertarungan mereka di sirkuit Red Bull Ring musim 2017 lalu.

Saat itu, Dovi berhasil membekuk Marquez di tikungan akhir dengan gaya khas Dovi, tenang tapi pasti ia bisa mengalahkan lawannya tanpa terduga.

Lanjut ke seri Jepang di tahun yang sama, dalam balapan hujan di Twin Ring Motegi, Dovi kembali mempecundagi Marquez yang lagi-lagi salah titik saat keluar tikungan, membuatnya kehilangan momentum, sementara Dovi yang melaju tenang penuh perhitungan dari dalam, bisa dengan mudah mengalahkan akselerasi Honda Marquez.

Pertarungan panas keduanya juga terulang di MotoGP Qatar pada seri pembuka MotoGP musim 2018, saat itu Dovi juga mengalahkan Marquez di tikungan akhir, skor sementara 3-0.

Balapan pertama di Thailand yang berlangsung di sirkuit Buriram pada Oktober 2018, berhasil dimenangkan oleh Marquez usah menyalip Dovi di tikungan akhir, menjadi yang pernah menyentuh garis finis, ini adalah kesempatan pertama Marquez berhasil mengalahkan Dovi di tikungan akhir, membuat skor menjadi 3-1 untuk sementara.

Bagai kisah yang diulang kembali, puncak podium MotoGP Qatar 2019 kembali diperebutkan oleh Dovi dan Marquez, yang semakin menarik adalah cara Dovi mengalahkan Marquez di titik yang sama, benar-benar persih seperti balapan tahun sebelumnya.

Pertarungan yang sama juga kembali terjadi di Red Bull Ring Minggu (11/8) pekan lalu, Dovi mengalahkan Marquez juga di tikungan terakhir, sama dengan usahanya di tahun 2017.

Sejauh ini, skor menjadi 5-1 untuk duel panas Dovi vs Marquez di lap dan tikungan terakhir.

Apakah kita akan kembali menyaksikan duel-duel seru dari ‘DesmoDovi’ dan #MM93 di seri-seri yang akan datang? (DN/eV)

NEXT: Ancaman Quartararo di Sirkuit Yamaha

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here