Gabung Petronas SRT, Ini Target Rossi di MotoGP 2021

0
1467
Gabung Petronas SRT, Ini Target Rossi di MotoGP 2021
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP Jerez, Andalusia 2020 / runganSport © Getty Images/Mirco Lazzari GP.

Valentino Rossi ingin memperbaiki diri di sesi Kualifikasi MotoGP 2021, agar bisa menjadi modal kuat dalam balapan.

Tavullia, runganSport — Pembalap senior asal Italia, Valentino Rossi menutup musim terakhirnya bersama Yamaha pabrikan dengan hasil paling buruk.

Hanya menempati posisi ke-15 klasemen akhir, terburuk sepanjang karirnya, karena tak mudah bagi Rossi balapan beruntun dalam kompetisi pendek 14 balapan, ada banyak kecelakaan dan gagal finis, ditambah ia juga tersambar virus Corona.

Pada akhirnya Rossi hanya menyelesaikan setelah musim atau tujuh balapan dengan keberhasilan menyentuh garis finis.

Mulai 2021, Rossi akan turun ke tim Satelit Petronas Yamaha SRT. Di tim asal Malaysia itu ia akan bertandem dengan anak didiknya, Franco Morbidelli.

Lalu apa target Rossi tahun ini?

“Hingga 2016 motornya sangat kompetitif, bisa saja memenangkan balapan dan gelar,” kata Rossi mengenang, sebagaimana dimuat Corsedimoto.

“Setelah itu kami mengalami lebih banyak kesulitan. Untuk menjadi kompetitif kami perlu melakukan apa yang telah dilakukan oleh pabrikan lain, yaitu peningkatan,” sambung The Doctor.

Sejak musim 2017, Yamaha dan Rossi mulai dihampiri masalah akut pada roda belakang motor mereka, yang sampai sekarang tetap menyiksa di banyak balapan.

“Kami benar-benar mengalami masa sulit dengan cengkeraman ban belakang. Jika kami tidak membuatnya bekerja dengan baik, sangat sulit untuk mengendarai motor dan menjadi kompetitif.

Ini adalah poin terpenting, tanpa lupa bahwa kami harus meningkatkan kecepatan puncak (top speed) kami, tidak hanya dengan mesin yang lebih bertenaga, tapi juga dengan aerodinamika yang lebih baik,” seru Rossi menjabarkan.

2021 Rossi bukan lagi pembalap pabrikan, satu keuntungannya adalah ia bisa fokus sepenuhnya untuk meningkatkan performa dari balapan ke balapan.

Targetnya adalah memperbaiki diri di sesi Kualifikasi, ini akan menjadi modal kuat untuk balapan yang bagus nanti.

“2021 akan menjadi tantangan yang sulit. Kami harus bersiap sejak balapan pertama.

Baca: Gagal Podium, Rossi Finis 4 di Gulf 12 Hours 2021

Saya harus bekerja keras pada diri saya sendiri dan meningkatkan di beberapa area seperti kualifikasi yang sangat penting saat ini,” demikian harap Rossi. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here