Home MotoGP Hanya Ada Satu Pembalap yang Bisa Kalahkan Marquez, Siapa?

Hanya Ada Satu Pembalap yang Bisa Kalahkan Marquez, Siapa?

Hanya Ada Satu Pembalap yang Bisa Kalahkan Marquez, Siapa?
Jorge Lorenzo (Repsol Honda) vs Marc Marquez (Repsol Honda) MotoGP 2019 / runganSport © MotoGP.

Jakarta, runganSport — Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez saat ini berada di posisi teratas klasemen sementara dengan 70 poin.

Empat seri berlalu dan Marquez berhasil memenangkan dua diantaranya, sisanya podium dan DNF.

Sejak naik ke MotoGP pada musim 2013 lalu, Marquez selalu berhasil menjadi juara dunia di akhir musim, kecuali pada 2015.

Sekarang sampai 2018, total sudah ada lima gelar juara dunia kelas utama di tangan Marquez.

Tahun ini The Baby Alien pun punya peluang besar untuk mencetak gelar lain lagi.

Tapi, siapa yang bisa menghentikan dominasi Marquez itu?

Saat ini di posisi dua klasemen sementara ada rider Suzuki Ecstar, Alex Rins dengan 69 poin, hanya tertinggal 1 poin dari Marquez.

Meski kejuaraan masih panjang, tapi akan sangat sulit bagi Rins untuk bisa mengimbangi dan mengalahkan dominasi Marquez tahun ini, meski ada peningkatan sangat besar dari Suzuki, tapi sepertinya masih kurang jika harus berhadapan dengan rider Cervera itu.

Bagaimana dengan Andrea Dovizioso? Dalam dua tahun terakhir rider Mission Winnow Ducati itu telah menjadi saingan paling berat bagi Marquez.

Tahun 2017 Dovi hampir saja merampas gelar juara dunia dari tangan Marquez, tapi akhirnya gagal, begitu juga dengan musim 2018 kemarin, ‘DesmoDovi’ gagal lagi.

Dovi secara jelas mengumbar statemen bahwa motor Ducati saat ini belum 100% tangguh dan kompetitif di semua sirkuit, sebaliknya Honda di tangan Marquez selalu jadi kandidat paling kuat pemenang balap di tiap serinya.

Kemudian tentu saja ada nama rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi.

Usia boleh makin menguning, tapi semangat dan skill The Doctor masih bisa diadu, sayangnya kendala akut Rossi sampai saat ini ada pada tunggangannya, Yamaha M1.

Rossi masih mengeluh bahwa motor Yamaha masih belum cukup kompetitif meski tahun ini sudah ada peningkatan pesat.

Yang paada akhirnya masih belum cukup juga untuk membekuk sang ‘MM93’, Rossi pernah mengatakan bahwa jika Yamaha bisa kompetitif seperti tahun 2015 lalu, maka tak ada halangan antara dirinya dengan gelar juara dunia, gelar yang ke-10, yang selalu dinanti-natikan anak Tavullia itu sejak 2009 silam.

Terakhir ada nama rekan setim Marquez, Jorge Lorenzo, yang tahun ini mendapat tim dan paket motor yang setara dengan Marquez.

Harapan untuk menjungkalkan Marquez dari tahta bertahan nampaknya gagal terlaksana musim ini, bagaimanapun Lorenzo sepertinya akan membutuhakn seluruh tahun ini untuk
beradaptasi dengan RC213V, sebagaimana ia menghabiskan hampir satu musim bersama Ducati dulu.

Satu-satunya pembalap yang bisa mengalahkan Marquez saat ini adalah dirinya sendiri.

Hal ini pernah terjadi pada musim 2015 lalu, saat itu Marquez gagal menjadi juara dunia lantaran banyaknya kecelakaan dan gagal finis yang ia alami.

Jika tahun ini Marquez bisa meminimalisir kecelakaan dan gagal finisnya, maka gelar sudah di depan mata. (DN/eV)