Home MotoGP Harusnya Start Kedua, Pol Protes Hasil Kualifikasi MotoGP Ceko

Harusnya Start Kedua, Pol Protes Hasil Kualifikasi MotoGP Ceko

Harusnya Start Kedua, Pol Protes Hasil Kualifikasi MotoGP Ceko
Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) MotoGP Brno, Ceko 2020 / runganSport © MotoGP.

Lap terbaik Pol Espargaro dibatalkan karena bendera kuning setelah kecelakaan Cal Crutchlow, tapi ia tak melihatnya.

Brno, runganSport — Rider Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro sebenarnya berhasil mencetak waktu lap tercepat kedua di sesi Kualifikasi MotoGP Ceko, Sabtu (8/8) kemarin.

Sayangnya waktu tersebut dibatalkan lantaran terjadi kecelakaan yang membuat pembalap Satelit LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow terguling, pengawas kemudian mengibarkan bendera kuning dan pembalap yang berada di lap tersebut harus melambat.

Pada akhirnya Pol akan memulai balapan dari posisi start keenam di balapan akhir pekan ini di sirkuit Brno.

Dengan marah, Pol melambaikan tangannya ketika sesi Kualifikasi selesai, dengan bendera kuning Pol diharuskan melambat. Tapi ia malah tetap tancap gas dan berhasil mencetak lap cepat yang hanya terpaut +0,092 detik dari peraih posisi Pole, Johann Zarco (Ducati).

Pol mengaku tak melihat bendera kuning, jadi dia tetap melaju untuk mendapatkan waktu tanpa melambat.

“Bendera kuning tidak berada di tempat yang seharusnya. Saya tidak bisa melihatnya, itu antara dua tikungan.

Tidak mungkin untuk melihat itu. Saya tidak merasa itu adalah kesalahan saya, tapi tetap saya harus membayarnya,” ujar Pol dengan nada sangat kecewa.

“Saya marah. Itu mungkin kualifikasi terbaik yang pernah saya kendarai dengan KTM dan kami seharusnya berada di posisi kedua. Tapi sekarang kita turun keenam. Saya kesal,” ujarnya yang masih marah setelah Kualifikasi, sebagaimana dimuat Speedweek.

Soal bendera kuning tersebut, Pol benar-benar tak melihanya, membuatnya sangat keberatan dengan pembatalan waktu lapnya.

“Para pengurus juga harus melakukan pekerjaan dengan baik, dan mereka tidak melakukannya.

Saya bisa saja jatuh di sana atau menabrak Crutchlow. Itu berisiko karena saya melaju dengan cepat dan saya tidak melihat benderanya.

Dan ketika saya melihatnya, semuanya sudah terlambat. Saya tahu lapnya bagus dan saya membatalkan lap kedua,” serunya tak puas.

Lalu apa kata solusi atas kesalahpahaman ini?

“Kami akan protes, tapi mereka akan memberitahu kami bahwa bendera kuning telah dikibarkan. Tapi itu omong kosong. Anda harus menghentikan gambar (tayangan ulang) dan memperbesar. Tidak ada cara untuk melihatnya,” akuinya.

Baca: Hasil Kualifikasi Moto2 Ceko 2020

Pada akhirnya Pol harus rela start keenam dalam balapan MotoGP Ceko akhir pekan ini. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here