Home MotoGP Honda 2020 Bermasalah, Marquez Pakai Motor Satelit

Honda 2020 Bermasalah, Marquez Pakai Motor Satelit

Honda 2020 Bermasalah, Marquez Pakai Motor Satelit
Honda RC213V 2020 Marc Marquez (Repsol Honda) Tes Pra-musim MotoGP 2020 Losail, Qatar 2020 / runganSport © MotoGP.

Menurut Speedweek, Marc Marquez akan mencoba menguji motor jatah Takaaki Nakagami (RC213V 2019/Satelit) di hari terakhir tes Qatar, tapi berita ini belum dikonfirmasi secara resmi oleh HRC.

Losail, runganSport — Tiga pembalap HRC, Marc Marquez (Repsol Honda), Alex Marquez (Repsol Honda), dan Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol), hanya berhasil finis di urutan 14, 19 dan 21 dalam tes Pra-musim 2020 di Sirkuit Losail di Qatar.

Sementara itu, pembalap Jepang, Takaaki Nakagami (LCR Honda IDEMITSU) malah tampil lebih baik dengan menggunakan motor tahun lalu, dia berhasil finis di posisi tercepat ke-10, dan menjadi rider Honda teratas.

Kondisi sulit ini nampaknya telah membuat Marquez berpikir, sepertinya ada suasana krisis di tim pabrikan HRC di Sirkuit Losail.

Akhirnya, Marquez menyarankan bahwa salah satu mesin Honda 2019 jatah Nakagami harus disiapkan untuknya.

Karena hari ini (tes hari terakhir) Marquez ingin tahu apakah dia akan menemukan feeling roda depan yang lebih baik dengan Honda RC213V tahun lalu ketimbang dengan versi terbaru.

Sebagai informasi, Marquez mencetak 12 kemenangan dan enam posisi finis kedua dengan Honda mesin 2019 dalam 19 balapan.

Dia masih menginginkan feeling roda depan yang lebih baik dengan motor baru, karena dia sering jatuh dan harus melakukan banyak “penyelamatan”.

Tapi rider Spanyol itu sudah menyatakan di Sepang dua minggu lalu; “Kami tidak mencapai tujuan untuk menemukan feeling yang lebih baik untuk ban depan,” terangnya kepada Speedweek.

Kemudian untuk pilihan mesin sebelum musim bergulir, Repsol Honda harus menyeragamkan spesifikasi mesin dan aerodinamika untuk motor Marquez dan pebalap Honda lainnya pada hari Kamis nanti, sebelum sesi pelatihan pertama Qatar (5 Maret).

Karena setelah itu, “spesifikasi mesin” akan dibekukan, pembalap tidak lagi diperbolehkan gonta ganti versi mesin.

Pengembangan lebih lanjut dari mesin juga dilarang -seperti dengan tim pemenang lainnya, Yamaha, Suzuki dan Ducati. HRC juga bisa membangun versi dengan mesin 2020 dan sasis 2019 pada 5 Maret.

HRC ingin punya dua versi yang dihomologasi, yakni Honda 2019 untuk Nakagami, spesifikasi 2020 ditujukan untuk Marquez, Alex dan Crutchlow.

Baca: Rossi Anggap Aneh Kontrak 4 Tahun Marquez-Honda

Setelah kemarin, satu hal yang pasti; Honda harus datang dengan sesuatu. Karena Yamaha, Suzuki dan Ducati secara signifikan lebih kuat musim ini. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here