Home MotoGP Honda Ternyata Pakai ‘Winglet Ilegal’, Ducati Siap Lapor Balik

Honda Ternyata Pakai ‘Winglet Ilegal’, Ducati Siap Lapor Balik

Honda Ternyata Pakai 'Winglet Ilegal', Ducati Siap Lapor Balik
Winglet Motor RC213CV 2019, Jorge Lorenzo (Repsol Honda) MotoGP Losail, Qatar 2019 / runganSport © MotorSport.

Doha, runganSport — Setelah balapan MotoGP Qatar akhir pekan kemarin, pabrikan asal Italia Ducati dituding menggunakan winglet ilegal di bagian swingarm di motor pembalapnya.

Yakni di GP19 milik Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci dan Jack Miller (Satelit).

Pelapor terdiri dari Aprilia, Honda, KTM dan Suzuki, dan saat ini kasus masih ditangani pengadilan FIM.

Keputusan akhir diharapkan aka keluar sebelum gelaran GP Argentina pada 31 Matet mendatang.

Pihak Ducati mengaku heran dengan apa yang dilakukan oleh para rivalnya.

Ini Tanggapan Ducati Soal Protes 4 Pabrikan di MotoGP Qatar
Winglet Swing Arm Motor Desmosedici Ducati GP19, Danilo Petrucci (Mission Winnow) MotoGP Losail, Qatar 2019 / runganSport © TuttoMotori Web.

Dan baru-baru ini, Manajer Umum Ducati, Gigi Dall’Igna, mengaku timnya tengah mempertimbangkan untuk melaporkan balik pabrikan Honda yang dicurigai juga menggunakan perangkat ilegal pada RC213V mereka.

Ducati melihat adanya penggunaan winglet pada motor baru Honda versi 2019, menurut Dall’Igna posisi winglet ini dapat membahayakan pembalap lainnya, atas alasan ini Honda pantas dituntut.

Pria Italia itu mengaku sudah cukup lama mengetahui penggunaan winglet tersebut oleh Honda, hanya saja Ducati memilih untuk tak mempermasalahkannya.

Tetapi, mengingat Honda sudah melaporkan Ducati terlebih dahulu atas permasalahan yang sama, yakni penggunaan winglet swingarm, maka Dall’Igna pun mulai mempertimbangkan menuntut Honda.

“Pada kenyataanya Honda sudah mempertanyakan pilihan direktur teknis, membuat kami berada dalam posisi untuk memikirkan lebih jauh soal diri kami. Apakah kami akan membuat tuntutan kepada Honda karena winglet di motornya yang menurut kami itu berbahaya,” kata Dall’Igna kepada TuttoMotori Web.

Jika sebelumnya Honda dan tiga pabrikan lainnya mempermasalahkan winglet belakang Ducati, maka sekarang Ducati mulai memprotes winglet depan Honda.

“Walaupun bentuk pangkal winglet mereka ramping, mereka juga dapat mengalami deformasi yang penting untuk beban yang mereka alami.

Karena itu, komponen itu juga dapat dianggap sebagai pelengkap seluler.

Kami tidak pernah mempertimbangkan ini sebelumnya, tapi jika Honda mempertanyakan tindakan Danny Aldridge, ini memungkinkan kami untuk berpikir ulang dan melayangkan protes kepada Honda di seri selanjutnya,” tambah Gall’Igna mengancam.

Balapan seri selanjutnya akan berlangsung di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina. (DN/eV)

NEXT: Gagal Finis, Motor Bagnaia Oleng Karena Sayap Patah