Home MotoGP Ini Alasan Lorenzo Pensiun dari MotoGP

Ini Alasan Lorenzo Pensiun dari MotoGP

Ini Alasan Lorenzo Pensiun dari MotoGP
Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sport) & Jorge Lorenzo (Repsol Honda) Konferensi Pers MotoGP Valencia, Spanyol 2019 / runganSport © Twitter/Box_Repsol.

Jorge Lorenzo mengonfirmasi bahwa ia akan pensiun dari MotoGP setelah seri final 2019 di Valencia akhir pekan ini.

Valencia, runganSport — Pembalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo telah mengumumkan pengunduran dirinya dari MotoGP setelah final Valencia akhir pekan ini.

Selama konferensi pers khusus di sirkuit pada Kamis (14/11) sore waktu setempat, Lorenzo menegaskan bahwa ia tidak akan menjalani tahun kedua di Repsol Honda.

Tak sendirian, dalam acara tersebut turut hadir CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta.

Lorenzo menjabarkan bahwa asalan pensiun karena serangkaian cedera sejak September 2018, dan yang paling parah retak tulang belakang di Belanda pada Juni kemarin, dan ini menjadi alasan utamanya.

“Saya selalu berpikir ada empat hari penting dalam kehidupan seorang pembalap; balapan pertama Anda, kemenangan pertama, gelar juara dunia pertama, dan kemudian hari
Anda pensiun,” kata Lorenzo sebagaimana dimuat Crash.

“Seperti yang Anda bayangkan, saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba untuk saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP.

Saya pertama kali berpikir tentang pensiun setelah cedera di Assen, membuat keputusan akhir setelah Malaysia kemarin,” sambung anak Mallorca itu.

Lorenzo yang terlihat berhenti beberapa kali untuk mengendalikan emosinya, tapi sebisa mungkin untuk tampil tetap tenang, juga meminta maaf kepada Honda dan manajer tim
Repsol Honda, Alberto Puig, mengatakan bahwa ia telah “mengecewakan” mereka musim ini.

“Tapi saya pikir ini adalah keputusan terbaik karena Honda dan Jorge Lorenzo sama-sama pemenang. Kita perlu berjuang untuk menang.

Segera setelah saya mendengar keputusan Lorenzo, kami berbicara dengan FIM dan saya senang mengatakan bahwa Lorenzo akan menjadi Legenda MotoGP selama Grand Prix
Spanyol berikutnya di Jerez,” ujar Ezpeleta menanggapi keputusan final Lorenzo.

Lorenzo naik ke MotoGP pada tahun 2008, tampil dengan gaya balap yang terkenal mulus, ia sudah menang sebanyak 44 kali, dan meraih tiga gelar juara dunia bersama Yamaha, yakni pada 2010, 2012 dan 2015.

Total Lorenzo sembilan musim bersama Yamaha sejak 2008 sampai akhir 2016, kemudian ia sempat pindah ke Ducati selama dua musim pada 2017 dan 2018.

Sekarang ia bersama Repsol Honda di 2019 dan menjadi musim terakhirnya di MotoGP. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here