Home MotoGP Ini Tanggapan Ducati Soal Protes 4 Pabrikan di MotoGP Qatar

Ini Tanggapan Ducati Soal Protes 4 Pabrikan di MotoGP Qatar

Ini Tanggapan Ducati Soal Protes 4 Pabrikan di MotoGP Qatar
Motor Ducati Desmosedici GP-19 Andrea Dovizioso, Race MotoGP Losail, Qatar 2019 / runganSport © TuttomotoriWeb.

Doha, runganSport — Empat pabrikan di MotoGP yang terdiri dari Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia memprotes legalitas sayap belakang yang terlihat pada motor Ducati milik Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci dan Jack Miller di MotoGP Qatar pekan kemarin.

Namun, setelah delegasi teknis MotoGP melakukan inspeksi bagian yang diduga melanggar, mereka memutuskan bahwa tidak ada aturan yang dilanggar oleh Ducati dan karenanya menolak protes empat pabrikan tersebut.

Kemudian keempat pabrikan ini memilih untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut, dan masalah ini sekarang akan dipertimbangkan lebih lanjut oleh Pengadilan Banding FIM, yang diharapkan akan memberikan putusan akhir dalam beberapa hari kedepan.

Bos Ducati, Paolo Ciabatti mengatakan bahwa Ducati sangat yakin sayap tersebut tak melanggar atura, karena sudah berdasarkan informasi yang diberikan kepada tim oleh direktur teknis MotoGP, Danny Aldridge setelah tes pra-musim terakhir kemarin.

Sementara protes empat pabrikan saingan Ducati itu dibuat atas dasar dugaaan bawah sayang belakang (winglet) itu berpotensi memberikan manfaat aerodinamis. Itulah alasan mengapa Ducati di protes di Qatar kemarin.

Tapi, Ducati menegaskan bahwa fungsi tunggal dari alat tersebut adalah untuk mendinginkan roda belakang.

“Kami tenang saja karena kami tahu bahwa kami telah mengikuti peraturan teknis,” ujar Ciabatti kepada Motorsport.

“Ada hal yang sudah didistribusikan ke semua tim pada 2 Maret lalu, bahwa dengan jelas menentukan bagaimana Anda bisa menggunakan deflektor jenis ini di bagian belakang motor.

Jika kita menganggap bahwa elemen ini dapat menimbulkan risiko hukuman, kita tidak akan menjalankannya, dan ini memang tidak seperti itu.

Yamaha sudah menggunakan deflektor yang sangat mirip tahun lalu di Valencia, untuk mengarahkan air menjauh dari kemudi. Lagi pula, klasifikasi ini bersifat sementara sampai ada resolusi,” tutupnya. (DN/eV)

NEXT: Kronologi Protes Dugaan ‘Menang Curang’ Ducati di MotoGP Qatar