Home MotoGP Ini Tikungan Paling Berbahaya di MotoGP 2018

Ini Tikungan Paling Berbahaya di MotoGP 2018

Ini Tikungan Paling Berbahaya di MotoGP 2018
Valentino Rossi, MotoGP Valencia, Spanyol 2018 / runganSport © MotorSport.

Jakarta, runganSport — Sepanjang MotoGP msuim 2018, ada lebih dari seribu kali kecelakaan yang dialami semua pembalap di tiga kelas, Moto3, Moto2 dan MotoGP.

Pembalap asal Italia, Stefano Manzi menjadi pembalap dengan kecelakaan paling tinggi, dengan 31 kali kecelakaan.

Sementara berdasarkan sirkuit, Valencia dengan Ricardo Tormonya menjadi penyumbang kecelakaan terbanyak, sepanjang akhir pekan balap di final Valencia lalu, ada 155 kali kecelakaan di semua kelas.

Menjadikan sirkuit sepanjang 4.0 km masuk dalam kategori paling bahaya bagi pembalap.

Ricardo Tormo memiliki lebar lintasan rata-rata 12 meter dengan lintasan lurus terpanjangnya sejauh 876 meter.

Memiliki 9 Tikungan kiri dan 5 Tikungan kanan, bersadarkan layoutnya, Valencia termasuk salah satu sirkuit cepat dengan tikungan panjang dan teknikal.

Tikungan 4 sirkuit Valencia menjadi tikungan paling berbahaya sepanjang 2018.

Ada 38 kali kecelakaan di Tikungan ini dalam satu pekan balap.

Tikungan 4 Valencia merupakan Tikungan kanan pertama dari garis start, tiga tikungan sebelumnya T1, T2 dan T3 adalah Tikungan arah ke kiri.

Ditambah lagi akhir pekan di final Valencia kemarin berlangsung dalam kondisi basah karena sirkuit sedang diguyur hujan cukup lebat.

Ada banyak seklai faktor yang membuat tikungan ini menjadi sangat berbahaya, pertama karena ini tikungan kanan pertama setelah tiga tikungan kiri beruntun sebelumnya, dan faktor lainnya karena cuaca yang kurang bersahabat.

Bahkan di balapan final Valencia kemarin, pengawas balap terpaksa mengibarkan bendera merah dipertengahan balapan setelah banyaknya rider-rider jauh bertumbangan.

Semetara Tikungan paling aman di sirkuit Valencia adalah T7 dan T14, sepanjang tiga hari di Grand Final kemarin, tak ada kecelakaan yang terjadi di dua tikungan tersebut. (DN/eV)

NEXT: Ini Sirkuit Paling Berbahaya di MotoGP 2018