Home MotoGP Kalah Duel Lagi, Marquez: Dovi Permainkan Saya

Kalah Duel Lagi, Marquez: Dovi Permainkan Saya

Kalah Duel Lagi, Marquez: Dovi Permainkan Saya
Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) vs Marc Marquez (Repsol Honda) Race MotoGP Spielberg, Austria 2019 / runganSport © MotoGP.

Marc Marquez merasa Andrea Dovizioso sengaja melambat di lintasan lurus beberapa kali untuk mengacaukan ritme balapnya.

Spielberg, runganSport — Memulai balapan dari posisi Pole, rider Repsol Honda, Marc Marquez melakukan kesalahan di lap pembuka di tikungan tiga balapan MotoGP Austria, salah mengerem dan membuat rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso juga melambat dibelakangnya.

Inilah salah satu moment yang pada akhirnya membuat Marquez dan Dovi terjebak dalam duel panas hingga lap akhir.

Jika tak ada kesalahan itu, mungkin saja Marquez langsung memimpin di depan dengan gap jumbo, sebagaimana dia mendominasi di dua balapan sebelumnya, Ceko dan Jerman.

Beberapa lap kemudian Marquez memang bisa memulihkan posisi dan mengambil alih posisi satu rider Satelit Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.

Sembilan lap jelang finis, giliran Dovi yang mengambil alih posisi terdepan dari Marquez, lalu dibalas lagi olehnya di tiga lap menuju finis.

Sampai akhir balapan, keduanya terlihat dalam banyak salip-salipan di banyak titik di sepanjang sirkuit.

Yang pada akhirnya pertararung klasik itu berhasil dimenangkan oleh Dovi tepat di tikungan akhir lap pamungkas.

Tapi Marquez punya pendapat sendiri soal jalannya balapan di Red Bull Ring kemarin, terutama soal strategi balap Dovi.

Marquez merasa jagoan Italia itu telah mempermainkannya, terutama di lintasan lurus, hal ini membuat ritme laju motornya menjadi kacau.

“Di enam atau tujuh lap menuju finis, Dovi seperti bermain-main dengan saya. Ia mengendurkan gas di lintasan lurus beberapa kali dan dia punya daya cengkeram yang lebih baik saat keluar tikungan,” jelas Marquez kepada Crash usai balapan berlangsung.

“Saya unggul saat pengereman, tapi dalam pengereman Anda mengambil risiko yang besar.

Saya bilang oke kita akan mencobanya, tapi jangan sampai melewati limit.

Saya tidak akan melakukan sesuatu yang gila, jadi untuk alasan itu saya memulai lap terakhir di depan dan mencoba bertahan karena saya tidak dapat menyerang,” tutur rider Cervera itu melanjutkan.

Dovi sendiri mengakui bahwa ia memang bertujuan untuk membuyarkan ritme balap Marquez, tapi tidak main-main dengan kecepatan, jika dia punya kecepatan yang baik, maka Dovi akan menyelesaikan balapan dengan lebih mudah, melaju sendirian di depan dengan kecepatan penuh, sayangnya ia tak punya kecepatan yang cukup.

“Saya tidak bermain dengan kecepatan, karena jika saya punya kesempatan untuk menyelesaikan balapan sendirian, saya akan menyelesaikan sendirian,” jawab Dovi.

“Jadi, saya bermain di lintasan lurus dua kali karena jika Anda menyalip pembalap lain, kemudian berada di depannya, maka rider yang di belakang, terutama Marquez, akan bisa melakukan pengereman telat dan bisa masuk ke dalam dan mengontrol pengereman,” jelas ‘DesmoDovi’.

Seri Red Bull Ring 2019 menjadi kesempatan keenam duel Dovi vs Marquez, dimana lima diantaranya selalu berhasil diselesaikan dengan kemenangan oleh Dovi, sedangkan Marquez baru menang sekali ketika berduel dengan Dovi, yakni di MotoGP Thailand 2018 kemarin. (DN/eV)

NEXT: Rossi Puji Duel Dovi vs Marquez di Red Bull Ring