Home MotoGP Kecelakaan Zarco vs Dovi, Ternyata Salah Rider Lain?

Kecelakaan Zarco vs Dovi, Ternyata Salah Rider Lain?

Kecelakaan Zarco vs Dovi, Ternyata Salah Rider Lain?
Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) vs Johann Zarco (Esponsorama Racing) Race MotoGP Catalunya, Spanyol 2020 / runganSport © MotoGP.

Johann Zarco terjatuh dan menyeret Andrea Dovizioso di T2 balapan di Catalunya sesaat setelah start, tapi siapa sebenarnya yang salah?

Barcelona, runganSport — Memulai balapan dari posisi start ke-17 di grid untuk MotoGP Catalunya hari Minggu, 27 September kemarin, membuat Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) terjebak dalam insiden tikungan kedua begitu lampu start dipadamkan.

Jatuh dan gagal finis, membuatnya kehilangan puncak klasemen sementara dan sekarang turun ke posisi empat, telah tertinggal 24 angka dari rider Satelit Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo yang berada di posisi puncak.

Dovi terseret oleh rider Satelit Esponsorama Racing, Johann Zarco, yang terjatuh tepat di depannnya.

Tapi, pertanyaannya sekarang adalah apa penyebab rider Prancis itu terjatuh, apa karena kesalahan sendiri atau kesalahan pembalap lain?

Ternyata, Dovi jatuh setelah reaksi berantai tiga pembalap di depan, tak hanya karena kesalahan Zarco sendiri.

Penyebab awalnya ketika pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro melambat di pertengahan Tikungan 2, kemudian ada rider Mission Winnow Ducati lainnya, Danilo Petrucci yang menghantam roda belakangnya.

Untungnya, Petrucci masih sanggup mengendalikan motornya, hanya saja tepat di belakangnya ada Zarco, yang secara reflek melakukan gerakan “antisipasi kecelakaan”, mengelak dengan menarik rem depan, tapi malah berakhir dengan jatuh, yang kemudian menyeret Dovi ke kerikil.

Petrucci baru mengetahui kejadian tersebut setelah balapan selesai.

“Saya baru saja memeriksa,” kata Petrucci sebagaimana dilaporkan Crash.

“Pol mengerem di depan saya dan saya menyentuhnya, roda depan saya di roda belakangnya, dan Zarco baru saja mengerem dan jatuh.

Saya sangat menyesal atas kecelakaan di belakang saya, tapi saya sendiri hampir menabrak, jadi saya sangat berhati-hati untuk tidak menyentuh rem depan meskipun Pol sedang mengerem di depan saya dan saya hanya menghindari diri saya sendiri agar tak terjadi tabrakan.

Saya.. Saya sangat menyesal untuk Zarco dan Dovi, tapi saya rasa saya tidak melakukan kesalahan apa pun,” tambah Petrucci menerangkan.

Sementara itu, Zarco memberikan pendapatnya setelah kecelakaan.

“Di tikungan kedua, Petrucci punya waktu untuk menghindari kontak dengan motor KTM di depannya, dan saya harus mengerem agar tidak menghantamnya.

Itu tidak kasar, tapi begitu saya menyentuh rem depan, saya jatuh.

Ini memalukan bagi saya dan Dovi, tapi sayangnya itulah balapan. Tikungan 2 berada pada batas suhu, karena kecelakaan lain juga membuktikannya,” jelas pria Prancis itu.

Dovi terihat jelas sangat sedih setelah jatuh, tapi ia sadar ia tak bisa begitu saja melepar kesalahan kepada rider lain.

“Tidak ada yang perlu dikatakan karena itu adalah insiden balapan,” komentar Dovi sangat bijak.

“Sangat mengecewakan, terutama ketika hal seperti ini terjadi, Anda merasa sangat frustrasi karena Anda tidak dapat mencoba apa pun.

Untuk klasemen kami kehilangan banyak poin hari ini,” tambahnya sabar.

Baca: MotoGP Catalunya: Rossi Bisa Menang Andai Tak Jatuh

Meski gagal finis dan kini tertinggal jauh dari puncak klasemen, tapi masih ada banyak balapan dengan ratusan poin yang tersedia untuk diperebutkan, perburuan gelar musim ini masih panjang. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here