Kejutan! India Segera Ramaikan Kalender MotoGP

0
227
Kejutan! India Segera Ramaikan Kalender MotoGP
Carmelo Ezpeleta (Dorna Sports -Tengah) MotoGP 2022 / runganSport © Crash.

India akan segera bergabung ke kalender balap MotoGP, rencananya akan menggunakan lintasan

Motegi, runganSport — Sudah bertahun-tahun lamanya MotoGP banyak menggelar balapan di Eropa, terutama di dua negara inti, yakni Spanyol dan Italia.

Tapi dalam beberapa musim terakhir, sudah banyak bermunculan negara penyelenggara baru di kalender balap, seperti Thailand dan Indonesia.

Kedepannya akan ada beberapa negara baru yang akan menjadi tuan rumah balapan Grand Prix, diantaranya adalah India, Kazakhstan dan Saudi Arabia.

Adapun untuk Grand Prix India, rencananya akan menggunakan Buddh International Circuit, yang terletak di luar kota New Delhi, pernah menjadi tuan rumah Grand Prix F1 pada musim 2011-2013.

Carmelo Ezpeleta yang menjabat CEO Dorna Sports, baru-baru ini mengunjungi India untuk bertemu dengan pihak berwenang dan promotor acara potensial Fairstreet Sports.

“India adalah negara dan pasar yang besar, dan sangat penting bagi industri roda dua dan MotoGP sebagai olahraga,” kata Ezpeleta sebagaimana diberitakan Crash.net.

“Kejuaraan memiliki basis penggemar yang besar di sana dan dapat mengadakan acara MotoGP di India akan menjadi tontonan yang luar biasa bagi para penggemar kami (dan) pada saat yang sama memungkinkan kami untuk terus mengembangkan olahraga di wilayah tersebut, yang sangat penting bagi semua mitra kami dan produsen, khususnya mengingat ratusan juta kendaraan roda dua di jalan.

“Kami akan senang untuk dapat melihat proyek ini melalui dan membawa motor MotoGP yang luar biasa ini untuk balapan di depan para penggemar India.

Balapan di India akan menjadi cerminan komitmen kami untuk membuka pintu olahraga seluas yang kami bisa, dan akan menjadi pencapaian penting bagi Kejuaraan,” sambung pria Spanyol itu.

Menteri Olahraga India, Union Shri Anurag Thakur juga semangat dengan rencana India menjadi tuan rumah MotoGP.

“India berpotensi menjadi salah satu pasar terbesar MotoGP dalam hal penayangan serta pendapatan,” katanya.

Kalender sementara untuk MotoGP musim 2023 belum diumumkan secara resmi, tapi diperkirakan akan sama seperti musim ini, ditambah kemungkinan seri kejutan di Kazakhstan.

Baca: Nakagami Akhirnya Bicara: Insiden Tikungan 8 Aragon Bukan Salah Marquez

Masuknya negara-negara baru ke kalender nantinya bisa membuat negara seperti Spanyol dan Italia tidak menggelar banyak balapan lagi. (rS/GP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here