Home MotoGP Kemenangan Dovi Sah, Protes ke Ducati Ditolak MotoGP

Kemenangan Dovi Sah, Protes ke Ducati Ditolak MotoGP

Menang Curang? Motor Dovi Sedang Diselidiki Pengawas Balap
Marc Marquez vs Andrea Dovizioso, Race MotoGP Losail, Qatar 2019 / runganSport © MotoGP.

Doha, runganSportFIM MotoGP Stewards, yang bertugas untuk memberikan hukuman atas pelanggaran yang dilakukan oleh peserta MotoGP, mengatakan bahwa pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso tetap sebagai pemenang balapan MotoGP Qatar, yang belangsung, Minggu (10/3) kemarin.

Sebelumnya, motor milik Dovi, Desmosedici GP19, diprotes oleh banyak pabrikan lain karena menggunakan perangkatan tambahan di bagian depan ban belakang motor.

Baca protesnya disini:Menang Curang? Motor Dovi Sedang Diselidiki Pengawas Balap

Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM melayangkan protes kepada Pengawas MotoGP, namun usaha mereka ditolak.

Dovi berhasil menang dengan keunggulan tipis atas rider Repsol Hondam, Marc Marquez, kemudian Suzuki, Honda, KTM dan Aprilia mengajukan protes karena winglet ban belakang baru yang diperkenalkan oleh Ducati.

Lalu penyelidikan langsung dilakukan setelah balapan, tapi pada akhirnya dianggap oleh “delegasi teknis MotoGP” bahwa part tersebut sah.

Pernyataan MotoGP mengatakan bahwa “berdasarkan pedoman dan peraturan yang berlaku saat ini”, bahwa pihak FIM MotoGP Stewards menolak protes yang dilakukan pabrikan saingan Ducati itu.

Artinya, kemenangan Dovi dan finis keenam rekan setimnya, Danilo Petrucci diputuskan sah sebagaimana awalnya, meskipun pernyataan itu menambahkan bahwa “proses banding sedang berlangsung”. (DN/eV)

NEXT: Rossi Luar Biasa di MotoGP Qatar, Start 14 Finis Kelima