Home MotoGP Kenapa Alex Tiba-tiba Jago? Begini Penjelasan Honda

Kenapa Alex Tiba-tiba Jago? Begini Penjelasan Honda

Kenapa Alex Tiba-tiba Jago? Begini Penjelasan Honda
Alex Marquez (Repsol Honda) MotoGP Aragon, Spanyol 2020 / runganSport © MotoGP.

Kecepatan Alex Marquez yang menghasikan podium tidak muncul dengan tiba-tiba dalam dua balapan terkahir ini, sudah ada proses adapatasi panjang sejak awal musim.

Aragon, runganSportRookie Repsol Honda, Alex Marquez mendapat banyak kritikan sejak pengumumannya sebagai pengganti dadakan rider Spanyol, Jorge Lorenzo di Repsol Honda.

Banyak pihak meragukan kemampuan Alex dan menyebut tak layak bergabung dengan tim sekaliber Repsol Honda.

Tapi semua keraguan sekarang hilang seketika, begitu Alex menunjukkan balapan yang hebat di lintasan hujan Prancis dan trek kering Aragon.

Juara dunia Moto2 2019 itu berhasil naik podium dua kali, bisa dikatakan Alex melakukan lompatan performa yang tiba-tiba sejak seri Le Mans kemarin, jika dilihat sekilas.

Tapi pihak Honda punya penjelasakan tersendiri terkait keberhasilan Alex di musim debutnya ini.

“Dia (Alex) telah menjalani balapan yang fantastis, dari sedikit menjadi lebih banyak, sejak awal balapan memegang posisi, start dengan cepat, yang sangat penting di sini, dan dia menjaga ban, dia menjaganya dengan sangat baik. Kami sangat senang, dia membuat perkembangan yang sangat menarik,” kata bos Repsol Honda, Alberto Puig kepada DAZN Spanyol setelah balapan Aragon, sebagaimana dimuat Todocircuito.

Ketika ditanya apa yang telah berubah, kenapa Alex bisa tiba-tiba menjadi sangat kompetitif dalam dua seri terakhir ini?

Puig menegaskan bahwa pada dasarnya tak ada yang berubah, hanya saja Alex sudah menemukan apa yang ia cari selama ini dalam proses adaptasi mengenal motor, ban dan situasi di kelas utama MotoGP, yang sebenarnya telah menghabiskan waktu yang panjang.

“Dia semakin mengenal motor dan ban, yang dalam kelas (MotoGP) ini sangat penting. Jika Anda berhasil, pada akhirnya Anda akan percaya. Minggu lalu di Prancis, di sini (Aragon) hari ini.. Motivasi menjadikan Anda semakin kompetitif,” terang pria Spanyol itu.

Apakah Honda pada awalnya sempat ragu dengan Alex sebagai ganti Lorenzo, karena pada saat itu pilihan terbatas karena X-Fuera yang tiba-tiba memutuskan pensiun?

“Kami tidak pernah meragukannya, itulah asalan mengapa kami mengontraknya. Yang terjadi adalah orang-orang pada saat itu mungkin tidak memahaminya,” seru Puig.

Baca: Yang Dirasakan Rossi Setelah Terinfeksi Virus Corona

Akhir pekan ini MotoGP akan kembali berlaga di sirkuit yang sama untuk Grand Prix Teruel, apakah akan ada kejutan lain dari Alex?

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here