Home MotoGP Kenapa Hanya Marquez Cepat Pakai Honda?

Kenapa Hanya Marquez Cepat Pakai Honda?

Kenapa Hanya Marquez Cepat Pakai Honda?
Marc Marquez (Respol Honda) MotoGP Spielberg, Austria 2019 / runganSport © MotoGP.

Marc Marquez sangat mendominasi di musim 2019, sementara rider Honda lainnya masih kesulitan.

Spielberg, runganSport — Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menjalani musim 2019 ini dengan sangat baik.

Selalu berhasil finis di dua besar di semua balapan, kecuali DNF di MotoGP Amerika, saat itupun ia sedang memimpin dengan gap besar.

Di balapan terakhir kemarin di Red Bull Ring, Marquez finis kedua usai kalah di tikungan terakhir dari rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso.

Meski demikian, Marquez masih unggul jauh di puncak klasemen sementara dengan gap 58 angka.

Dari sebelas balapan yang sejauh ini, enam seri berhasil dimenangkan oleh Marquez.

Sementara tiga rider Honda lainnya kesulitan, tak ada yang pernah menang balapn di 2019 kecuali Marquez, bahkan untuk naik podium saja pembalap Honda lainnya sangat kesulitan.

Lalu apa yang membedakan Marquez dan rider Honda lainnya, mengapa Marquez sendiri yang cepat sedangkan tiga lainnya terlihat sangat kesulitan.

“Jelas Marquez punya keunggulan dibandingkan pembalap lain. Mengapa? Saya tidak tahu.

Apa yang dia lakukan berbeda di hampir setiap tikungan, di setiap zona pengereman, dalam akselerasi,” kata Crutchlow menilai performa Marquez di atas motor Honda sebagaimana diberitakan Speedweek.

“Saya menggunakan motor yang sama dengan Marquez, tapi satu hal yang dapat saya katakan adalah bahwa jika sebagian besar pembalap lain menggunakan motor saya, mereka tidak akan secepat saya,” sambung rider Inggris itu.

Rekan satu tim Crutchlow, Takaaki Nakagami juga mengungkapkan di Spielberg bahwa ia sempat membuntuti Marquez di sektor tiga, untuk melihat lebih dekat bagaimana Marquez berkendara.

“Marquez punya gaya balap khusus karena kidal, jadi dia selalu sangat cepat. Dia punya beberapa trik dan saya ingin melihat semua detail kecilnya,” ungkap rider Jepang itu.

Trik apakah yang dimaksud oleh Nakagami?

“Saya tidak tahu trik apa yang dia dia bicarakan, tapi Marquez punya trik di mana-mana,” sambung Crutchlow.

Lau apa beda motor Marquez dan Crutchlow?

“Pada dasarnya motor sama persis, Kami mendapat motor yang sama. Marquez mungkin menggunakan sasis yang berbeda, tetapi jika saya menginginkannya, saya dapat memilikinya,” seru rider 33 tahun itu. (DN/eV)

NEXT: Pengembangan KTM 2020 Ada di Tangan Pedrosa

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here