Lagi! Rossi Terpuruk di MotoGP Doha, Ternyata Ini Masalahnya

0
3092
Lagi! Rossi Terpuruk di MotoGP Doha, Ternyata Ini Masalahnya
Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) vs Iker Lecuona (Tech3 KTM Factory Racing) Race MotoGP Losail, Doha 2021 / runganSport © PETRONAS SRT.

Valentino Rossi menyelesaikan balapan MotoGP Doha tanpa raihan poin, setelah start dari posisi ke-21, yang merupakan Kualifikasi terburuknya sejauh ini.

Doha, runganSportPembalap Satelit Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi baru saja melalui hari-hari paling berat dalam karir balapnya di Grand Prix.

Setelah mendapat Kualifikasi terburuk dalam hidupnya, yakni posisi start ke-21 di MotoGP Doha, Rossi dalam balapan juga gagal mencetak poin.

Rossi hanya finis ke-16, artinya ia hanya melewati enam pembalap disepanjang balapan 22 lap di Losail itu.

“Start jauh dari belakang sangat sulit. Kecepatan saya bukanlah bencana (tidak terlalu buruk), tapi tidak cukup untuk mengimbangi grup depan. Saya kalah sedikit, terutama pada lap pertama. Saya tidak cukup kuat dengan ban baru,” kata Rossi setelah balapan, seperti diberitakan Motorsport-Total.

Secara kecepatan Rossi mengaku senang dengan motornya, tapi masih sedikit tertinggal jika dibanding dengan pembalap grup depan.

Beberapa perubahan pada motor juga sangat positif, walau belum memberikan hasil yang bagus.

“Kami mencoba swingarm aluminium karena saya mengalami banyak getaran di roda belakang. Setelah beberapa lap, bannya aus dan menimbulkan getaran. Sedikit lebih baik dengan swingarm aluminium. Namun, ini tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah,” terang Rossi.

Rossi pun mencoba setting elektronik yang berbeda. “Ini membantu saya mendapat kecepatan yang lebih konsisten. Sayangnya kami baru tahu itu pagi ini,” serunya.

Soal masalah pada ban belakang, Rossi sebenarnya belum benar-benar bebas dari beban itu, yang diharapkan dapat ditemukan jawabannya di seri Eropa nanti.

“”Setiap tahun berbeda. Tapi di Eropa ada banyak sirkuit yang cocok untuk saya. Jadi kami berharap menjadi lebih kuat di sana,” harap The Doctor.

Ketika Rossi kesulitan, dua Yamaha lainnya, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales justeru tampil cepat dan bermain di baris depan.

“Dia (Quartararo) melakukan balapan yang fantastis. Dia sudah kuat sejak balapan pertama. Ketika semuanya begitu berdekatan, hal-hal kecil diperhitungkan,” kata Rossi soal rider Prancis itu.

Adapun tentang mantan tandemnya, Vinales Rossi melihat ada sedikit kesulitan yang menghampiri rider Spanyol itu.

“Sepertinya Vinales mengalami sedikit kesulitan, mirip dengan Quartararo minggu lalu, yang lebih cepat hari ini. Mengapa demikian? Saya tidak tahu,” demikian rider Italia itu.

Baca: Rookie Martin Jelaskan Faktor Gagal Menangi MotoGP Doha

Balapan selanjutnya akan berlangsug di Portugal pada 18 April mendatang. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here