Laporan Investigasi Alpinestars: Baju Balap Quartararo Normal, Kenapa Bisa Terbuka?

0
3045
Laporan Investigasi Alpinestars: Baju Balap Quartararo Normal, Kenapa Bisa Terbuka?
Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) MotoGP Catalunya, Spanyol 2021 / runganSport © Lukasz Swiderek.

Berdasarkan investigasi awal, Alpinestars tak menemukan cacat apapun pada baju balap Fabio Quartararo, lalu kenapa bisa terbuka saat balapan berlangsung?

Barcelona, runganSportMerek perusahaan baju balap yang digunakan oleh pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, yakni Alpinestars menggelar penyelidikan awal terkait kasus pembalap Prancis itu di MotoGP Catalunya.

Entah bagaimana caranya, ritsleting baju balap Quartararo terbuka dalam balapan MotoGP Catalunya, sangat berbahaya dalam tiga lap terakhir.

Alpinestars tidak dapat menemukan cacat apapun pada baju balap pemimpin klasemen itu selama pemeriksaan segera setelah balapan Catalunya.

“Menyusul balapan MotoGP hari Minggu di Circuit de Barcelona-Catalunya, tim Pengembangan Balap Alpinestars memulai penyelidikan atas integritas pakaian balap Fabio Quartararo,” demikian pernyataan pihak Alpinestars kepada Crash.

“Setelah analisis awal pasca-balapan di truk Pengembangan Balap Alpinestars yang terletak di paddock MotoGP, tim menemukan setelan balap itu berfungsi normal dengan semua ritsleting dan pengencang berfungsi penuh.

Selanjutnya, semua komponen setelan, termasuk Sistem Airbag Tech-Air®, masih utuh dan berfungsi penuh.

Ini hanya penilaian pertama, untuk diselidiki lebih lanjut setelah setelan itu berada di laboratorium Alpinestars di markas Alpinestars, melakukan semua pengujian dan analisis untuk memahami lebih lanjut tentang penyebab apa yang terjadi selama balapan.

Sistem Airbag Tech-Air® tidak mengembang selama balapan, berfungsi seperti yang diharapkan karena tidak ada situasi tabrakan,” demikian keterangan pihak Alpinestars berdasarkan investigasi awal mereka.

Dan kemudian, jika dalam pemeriksaan lebih lanjut juga memastikan baju balap tersebut ‘dalam keadaan normal dengan semua ritsleting dan pengencang berfungsi penuh’ itu akan menambah kuat pada teori bahwa ritsleting mungkin tidak sepenuhnya tertutup pada awal balapan.

Quartararo juga tak mampu menjelaskan mengapa ritsleting turun, sehingga tetap menjadi misteri sampai sekarang.

“Baju balap saya benar-benar terbuka di tikungan pertama dan saya hanya mencoba mengembalikan (zip) ke posisi normal lagi.

Saya tidak bisa melakukannya. Ketika (zip) benar-benar turun, Anda perlu meregangkan (keduanya sisi bersama-sama untuk menarik ritsleting kembali), seperti ritsleting pada celana jens,” terangnya.

Baca: Akhirnya Ada Penjelasan Teknis Kenapa Rossi Selalu Bermasalah dengan Ban

Tapi setelah balapan dan menjalani lap lambat sebelum masuk ke Pit, Quartararo terlihat lewat kamera on-board dapat menaikkan ritsleting bajunya dengan baik dan benar, sehingga Alpinestars belum menemukan kesalahan apa pun. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here