Home MotoGP Marquez: Rins Beruntung Tak Punya Tekanan

Marquez: Rins Beruntung Tak Punya Tekanan

Marquez: Rins Beruntung Tak Punya Tekanan
Alex Rins (Suzuki Ecstar) vs Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP 2019 / runganSport © MotoGP.

Barcelona, runganSport — Sejak paruh kedua musim 2018 lalu, pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins semakin konsisten mengisi barisan depan.

Mengawali musim 2019 ini, Rins tampil lebih kuat lagi dari musim sebelumnya.

Sekarang jagoan Spanyol itu berada di peringkat dua klasemen sementara, hanya terpaut 1 angka dari jumlah poin sang pemuncak klasemen, Marc Marquez (70).

Marquez menyebut titik paling kuat Rins saat ini adalah bahwa dia tak punya tekanan sama sekali.

Jika di musim-musim sebelumnya Marquez selalu was-was dengan ancaman Ducati dan Andrea Dovizioso, sekarang bertambah lagi dengan Suzuki dan Rins.

“Saya sudah mengatakan sejak Pra-musim di Malaysia lalu, bahwa Rins akan kompetitif, karena ia menyelesaikan musim sebelumnya dengan baik, lalu ia memulai musim ini dengan cara yang baik, ia berkendara dengan cara yang sangat baik sejak pra-musim,” kata Marquez mengakui.

Marquez sebagai juara dunia bertahan tentu punya tekanan dan beban tersendiri, berbeda dengan Rins yang menurutnya lebih santai.

“Poin terkuatnya adalah dia tidak punya tekanan saat ini, tapi tekanan itu akan segera datang padanya.

Saat ini jika dia finis di urutan kedua, dia sangat senang, dia finis pertama, itu luar biasa dan dia finis ketiga, juga akan membuatnya bahagia.

Sekarang dia lawan lain untuk gelar tahun ini, dia siap bertarung untuk kejuaraan dan motornya juga kompetitif,” sambung rider Repsol Honda itu.

Marquez menyebut bahwa sangat penting bagi MotoGP untuk punya banyak pabrikan yang ikut dalam perebutan gelar juara dunia.

“Sangat penting bagi kejuaraan ini punya lebih banyak pabrikan yang memperjuangkan gelar,” ujarnya.

Meski mulai semakin kompetitif, tapi Rins punya kelemahan yang sangat fatal, yakni Kualifikasi yang sering buruk.

“Saya selalu ingin mendapat posisi start yang baik, tapi inilah MotoGP.

Sangat sulit untuk mencetak waktu lap tercepat, tapi saya akan tetap berusaha untuk itu,” keluh Rins.

Rins mengaku bingung dengan permasalahannya saat kualifikasi, apa yang membuatnya begitu kesulitan sehingga mendapat posisi start yang buruk.

“Saya tidak tahu pasti apa masalah sebenarnya, padahal saya sudah mencoba untuk berkendara hingga limit, tapi jujur saya saya tidak tahu letak masalahnya,” seru Rins. (DN/eV)