Media Spanyol Bocorkan Repsol dan Honda Berpisah di Akhir MotoGP 2024

0
900
Media Spanyol Bocorkan Repsol dan Honda Berpisah di Akhir MotoGP 2024
Ilustrasi Joan Mir (Repsol Honda) & Luca Marini (Repsol Honda) MotoGP 2024 / runganSport.

Repsol dan Honda dikabarkan akan mengakhiri kerja sama mereka pada akhir musim 2024 ini.

Barcelona, runganSport — Raksasa minyak asal Spanyol, Repsol sudah bertahun-tahun lamanya menjadi sponsor utama yang setia bagi pabrikan Jepang, Honda di MotoGP.

Namun kerja sama mereka tampaknya akan segera berakhir setelah MotoGP 2024 ini.

Logo Repsol sebenarnya sudah tidak terlalu nampak pada livery motor Honda tahun 2024, porsinya lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya.

“Memasuki sepertiga pertama musim (2024) ini, baik Honda maupun Repsol belum bergerak untuk memperpanjang kemitraan mereka.

Perusahaan Jepang tersebut mendapat beberapa tawaran untuk mewarnai motornya mulai tahun depan, sedangkan perusahaan minyak tersebut ingin fokus pada penyebaran bahan bakar non-fosil.

Dalam hal ini, Repsol tertarik untuk terus menghubungkan citranya dengan MotoGP di masa depan, terutama sebagai salah satu pemasok bahan bakar baru yang lebih ramah lingkungan yang diadopsi oleh kejuaraan tersebut,” bunyi informasi yang dimuat Motorsport.com.

“Peraturan saat ini memperkenalkan, untuk tahun ini, kewajiban penggunaan 40% bensin non-fosil untuk tim kelas utama, persentase yang harus mencapai 100% pada tahun 2027, tahun pertama perubahan regulasi teknis, transformasi menuju lebih banyak olahraga berkelanjutan yang Repsol ingin menjadi bagiannya secara global, tidak berfokus pada satu tim,” demikian tambah Motorsport.com edisi Spanyol.

Repsol dan Honda menjadi kolaborasi yang sangat sukses di MotoGP, telah meraih total 15 gelar juara dunia, 183 kemenangan dan total 455 poin.

Ada enam pembalap yang berhasil menjadi juara dunia dengan Repsol Honda: Alex Criville, Mick Doohan, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner dan terakhir bersama Marc Marquez.

Pada tahun 2024 ini Repsol Honda diperkuat oleh Joan Mir dan Luca Marini, namun kondisi saat ini jauh lebih sulit dan mereka sedang tidak kompetitif. (rs/gp)

BACA: MotoGP Catalunya: Balapan Terbaik Marini Walau Nol Poin

LEAVE A REPLY: If your like comment with a link, please contact us "info@rungansport.com" first.

Please enter your comment!
Please enter your name here