Home MotoGP Menang Curang? Motor Dovi Sedang Diselidiki Pengawas Balap

Menang Curang? Motor Dovi Sedang Diselidiki Pengawas Balap

Menang Curang? Motor Dovi Sedang Diselidiki Pengawas Balap
Andrea Dovizioso vs Marc Marquez, Race MotoGP Losail, Qatar 2019 / runganSport © MotoGP.

Doha, runganSport — Pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso berhasil keluar sebagai pemenang dalam seri pembuka MotoGP tahun ini, usai mengalahkan rider Repsol Honda, Marc Marquez tepat di Tikungan akhir, race Qatar, Minggu (10/Maret) malam kemarin.

Tapi, sesaat setelah balapan selesai, motor Desmosedici GP-19 yang dikendarai oleh Dovi tadi malam sedang diinvestigasi oleh Race Direction.

Menyusul banyaknya protes dari pabrikan lain yang menjadi saingan Ducati, diantara yang keberatan adalah Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM.

Untuk saat ini, kemenangan Dovi di Qatar belum jelas statusnya, apakah legal atau tidak? sampai akhirnya nanti penyelidikan selesai dilakukan dan menunggu keputusan akhir.

Pabrikan lain yang menjadi pesaing Ducati di Qatar memprotes penggunaan winglet di bagian depan pada ban belakang motor Dovi, yang ia gunakan di balapan Qatar.

Menang Curang? Motor Dovi Sedang Diselidiki Pengawas Balap
Winglet di bagian depan ban belakang motor Desmosedici Ducati GP-19 milik Andrea Dovizioso, Race MotoGP Losail, Qatar 2019 / runganSport © MotoGP.

Ducati sebelumnya telah memperkenalkan winglet baru yang diposisikan tepat di depan ban belakang di seri perdana ini.

Pihak Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM, semuanya kompak mengajukan pengaduan atas legalitas winglet Ducati tersebut.

Perangkat itu dianggap digunakan untuk mendinginkan ban belakang.

Part anyar tersebut awalnya hanya diujicobakan oleh Danilo Petrucci, tapi saat balapan berlangsung Petrucci dan Dovi menggunakan winglet tersebut.

Saat ini Ducati telah diminta oleh direktur teknis MotoGP untuk menyerahkan bagian-bagian tersebut untuk diperiksa guna menentukan apakah mereka mematuhi peraturan saat ini atau tidak?

Hasil balap Dovi dan Petrucci keduanya di Qatar, sementara ini masih menunggu hasil penyelidikan.

Hasil penyelidikan pengawas balap akan kami laporkan dalam artikel selanjutnya, setelah keputusan resmi sudah keluar. (DN/eV)

UPDATE: MotoGP menyatakan menolak atas protes pabrikan lain kepada Ducati dan tetap menyatakan Dovi sebagai pemenang MotoGP Qatar. Sementara itu “proses banding masih berlangsung”.

Baca perjelasan lengkapnya di laporan terbaru #runganSport berjudul: Kemenangan Dovi Sah, Protes ke Ducati Ditolak MotoGP

NEXT: Klasemen Sementara MotoGP Usai GP Losail, Qatar 2019

View this post on Instagram

Race #QatarGP #MotoGP #runganSport

A post shared by DN Han 🐼 (@dnhan14) on