Home MotoGP MotoGP Amerika: Rins Ungkap Strategi Bekuk Rossi di Austin

MotoGP Amerika: Rins Ungkap Strategi Bekuk Rossi di Austin

MotoGP Amerika: Rins Ungkap Strategi Bekuk Rossi di Austin
Alex Rins (Suzuki Ecstar) vs Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) Race motoGP Austin, Amerika 2019 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Texas, runganSport — Rider Suzuki Ecstra, Alex Rins mengakui bahwa ia menerapkan strategi dengan cara menunggu di belakang rider Monster Engery Yamaha, Valentino Rossi hingga lap-lap akhir.

Rins menjelaskan bahwa ia mengamati Rossi dari belakang sambil menunggu kesalahan kecil dari Rossi, dan benar saja, Rossi akhirnya kalah dari Rins dalam balapan sepanjang 20 lap melelahkan itu.

Kemenangan di Amerika akhir pekan kemarin menjadi kemenangan perdana Rins di MotoGP, sangat spesial lantaran nama Rins menjadi penguasa baru CoTA setelah menjadi
daerah kekuasaan Marquez dalam enam tahun terakhir.

Kemenangannya semakin spesial karena ia berhasil mengalahkan sang Legenda Hidup MotoGP, Rossi saat berebut puncak podium.

Sang “Petahana CoTA”, Marquez akhirnya tumbang dan sekarang Rins menjadi raja di Amerika.

“Ini sulit dipercaya, saya mendapatkan kemenangan pertama saya di sini juga sata di kelas Moto3 pada 2013 lalu, jadi ini sangat luar biasa,” kata Rins seusai balapan berlangsung.

Rins mengungkap bahwa ia tetap tenang hingga lap akhir meski dibelakangnnya ada Rossi yang sedang mengejar dalam kondisi lapar kemenangan.

“Saya berusaha tetap tenang di lap terakhir. Saya tahu bahwa Rossi punya banyak pengalaman dalam situasi seperti ini!

Jadi, saya sangat senang dan Suzuki pantas mendapatkan kemenangan ini. Bersama-sama kita layak mendapatkannya, sekarang kita harus melanjutkan tren positif ini,” harap Rins menambahkan.

Rins menang di Amerika setelah memulai balapan dari posisi ke-7, kualifikasi yang cukup buruk tapi begitu lampu start dipadamkan, Rins mengaku hanya fokus untuk memacu
kendaraannya.

“Ketika saya berada di belakang Rossi dengan jarak sekitar 1,5 detik, saya berkata pada diri sendiri, ‘Ayo, Alex. Kamu harus bisa, buatkan sedikit tontonan menarik’,” gumam Rins dalam hati ketika memburu The Doctor.

“Akhirnya saya mengovertake Rossi, tapi sebelum itu saya sudah mengamatinya, begitu Rossi melakukan kesalahan kecil, saya langsung menyalipnya.

Tapi kemudian saya juga melakukan kesalahan kecil saat mengerem di Tikungan 11.

Saya melebar dan berpikir, “Sekarang Rossi akan melewati saya di lintasan lurus dan selamat tinggal”, tapi ternyata Rossi juga ikut sedikit melebar,” pungkas Rins gembira. (DN/eV)