Home MotoGP MotoGP Amerika: Rossi Minta Yamaha Sediakan Winglet ala Ducati

MotoGP Amerika: Rossi Minta Yamaha Sediakan Winglet ala Ducati

MotoGP Amerika: Rossi Minta Yamaha Sediakan Winglet ala Ducati
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) MotoGP Austin, Amerika 2019 / runganSport © MotoGP.

Texas, runganSport — Winglet swingarm milik Ducati telah dinyatakan legal oleh FIM berdasarkan hasil banding menjelang MotoGP Argentina lalu.

Jadi, penggunaan winglet pendingin ban belakang yang punya sedikit efek downforce itu penggunaannya sah menurut peraturan Grand Prix saat ini.

Kemudian Honda dan KTM sudah mulai mencoba menggunakan perangkat serupa di hari kedua MotoGP Amerika, Sabtu (13/4) kemarin.

Winglet sendok itu terlihat dipakai oleh rider Repsol Honda, Marc Marquez dan pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Johann Zarco.

Meski dimensi dan bentuk tidak mirip 100%, tapi jelas itu tiruan dari Ducati.

Rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi ternyata juga ingin agar Yamaha mulai mengembangkan part serupa.

Sebenarnya Yamaha sudah punya merangkat yang mirip seperti itu, tapi bukan untuk mendinginkan ban belakang, fungsinya untuk menjauhkan air dari ban belakang ketika balapan hujan dan hanya dipakai saat hujan.

“Menurut saya itu sesuatu yang sangat penting untuk kami.

Itu akan membantu mengurangi suhu ban belakang, seperti fungsi yang ungkapkan Ducati, jadi ban bisa sedikit lebih dingin dan pasti akan bagus untuk balapan,” kata Rossi kepada MotorSport.

Rossi ingin Yamaha segera membuat part serupa agar segera dicoba.

“Saya minta Yamaha mengembangkan perangkat serupa, kami sebenarnya sudah punya yang seperti itu, tapi hanya untuk kondisi basah (hujan).

Saya berharap di kesempatan berikutnya kami bisa segera mencoba, karena saya rasa ini akan sangat membantu meski hanya part kecil.

Saya berharap kami mendapatkannya tahun ini, karena memang kami harus tetap bekerja dan berkembang,” sambung Rossi menerangkan.

Selain masalah “winglet sendok” itu, Rossi juga menegaskan bahwa Yamaha harus tetap menjalankan pengembangan teknis secara keseluhan sepanjang tahun ini agar Yamaha semakin mudah bersaingan dengan pabrikan lain. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here