Home MotoGP MotoGP Catalunya: Podium Perdana Rookie Quartararo

MotoGP Catalunya: Podium Perdana Rookie Quartararo

MotoGP Catalunya: Podium Perdana Rookie Quartararo
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) Race MotoGP Catalunya, Spanyol 2019 / runganSport © MotoGP.

Barcelona, runganSport — Pembalap satelit Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo berhasil mengamankan podium dua dalam balapan MotoGP Catalunya, Spanyol, Minggu (16/6) pekan kemarin.

Memulai balapan dari posisi terdepan, selepas start Quartararo sempat melorot sampai posisi kesembilan.

Perlahan ia bisa memperbaiki posisi, sampai pada akhirnya bertarung sengit melawan rider Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci dan pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins dalam perebutan posisi runner-up.

Ketiga pembalap ini juga diuntungkan dengan kecelakaan berjamaah di Tikungan 10 yang disebabkan oleh kesalahan rider Repsol Honda, Jorge Lorenzo, yang turut menyeret Andrea Dovizioso, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

MotoGP Catalunya menjadi podium pertama untuk Quartararo, juga menjadi kecelakaan pertamanya selama naik ke MotoGP.

Ia mengalami kecelakaan di sesi Latihan Bebas, sejak naik ke MotoGP ini baru pertama kalinya ia terjatuh dan termasuk rider yang jarang kecelakaan.

Quartararo tampil mengesankan di Barcelona dan akhirnya bisa podium untuk pertama kalinya, padahal kurang dari dua minggu setelah menjalani operasi.

“Perasaan yang luar biasa. Hari ini kami telah memperoleh banyak pengalaman dan saya pikir itu sangat penting saat ini,” ucap Rookie Prancis itu kepada Speedweek.

“Tentu saja saya tidak 100 persen, tapi saya juga belum berusia 50 tahun.

Jadi kondisi fisik saya mendekati 100 persen. Kami sangat cepat akhir pekan ini dan berhasil berada di posisi tiga teratas di semua sesi.

Saya pikir saya tidak bisa lebih cepat dari ini selama akhir pekan,” sambungnya usai finis kedua dalam balapan penuh drama itu.

“Saya melakukan start yang baik dan hanya kehilangan dua posisi di lap awal, lalu di tikungan 4 saya melakukan kesalahan kecil dan menyentuh Marquez, jadi saya kehilangan lebih banyak posisi lagi,” terangnya yang sempat melorot kesembilan.

Quartararo yang berada dibelakang saat insiden T10 itu menyaksikannya dengan jelas.

“Saya melihat kecelakaan itu, tapi tak tahu siapa yang melakukan kesalahan saat itu,” tuturnya bercerita.

Quartararo kemudian harus berhadapan dengan Petrucci dan Rins.

“Itu adalah balapan yang sulit karena pembalap Ducati dan Suzuki cepat di lintasan lurus.

Di sektor pertama, saya bisa melewati Petrucci dan bilang pada diri sendiri bahwa saya harus membuat jarak agar dia tidak bisa melewati saya di lintasan lurus.

Dan saya pikir kami berhasil dengan baik,” seru Quartararo puas.

Quartararo baru saja menyelesaikan operasi lenganya, apakah tidak kesakitan selama balapan?

“Dengan adrenalin untuk memperebutkan podium pertama, saya tidak memikirkan rasa sakit dan tidak merasakan apa-apa.

Saya merasakannya sedikit sekarang karena luka sedikit menarik.

Tetapi ketika Anda berada di podium, Anda tidak memikirkan rasa sakit, Anda hanya fokus untuk balapan,” pungkas rider termuda MotoGP itu.

Quartararo menjadi satu-satunya rider Yamaha yang berhaisl menuntaskan balapan sepanjang 24 lap itu, Rossi, Vinales dan Franco Morbildelli terjatuh dan gagal finis. (DN/eV)

NEXT: MotoGP Catalunya: Pekan Sempurna Marquez Bersaudara