MotoGP Indonesia Dibatalkan Jika Mandalika Tak Rampung Juni 2021

0
1731
MotoGP Indonesia Dibatalkan Jika Mandalika Tak Rampung Juni 2021
Johann Zarco (Esponsorama Racing) Race MotoGP Portimao, Portugal 2020 / runganSport © MotoGP.

Dorna Sports menegaskan bahwa Indonesia wajib merampungkan sirkuit pada Juni 2021 dan lolos homologasi sebagai syarat menggelar balapan MotoGP.

Jakarta, runganSport — Usaha untuk mengembalikan MotoGP ke Indonesia masih terus berlanjut.

Sebelumnya telah gagal di Sentul dan Jakabaring, harapan terbaik adalah KEK Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Saat ini mereka tengah bekerja keras membangun sirkuit sepanjang lebih dari 4c km, berlokasi pinggir pantai di kawasan Mandalika.

Targetnya adalah menggelar balapan di musim 2021, tak hanya MotoGP, sirkuit jalan raya ini rencananya juga akan menjadi tuan rumah untuk Superbike dan Asia Talent Cup.

Tapi, syarat utama yang harus dipenuhi tentu saja sirkuit yang siap digunakan dan lolos homologasi.

Dorna Sports selaku penyelenggara menegaskan jika Indonesia bisa batal menggelar MotoGP 2021 jika sirkuit gagal rampung pada pertengahan Juni, selain itu Indonesia juga wajib lolos Homologasi.

Kondisi lain adalah bahwa salah satu serin Asia harus batal, baru Indonesia bisa masuk, karena pada dasarnya Indonesia duduk di posisi cadangan untuk musim 2021, bersama Rusia dan Portugal.

Pimpinan Dorna, Carmelo Ezpeleta menegaskan bahwa Juni 2021 adalah tenggat untuk Sirkuit Mandalika dan wajib selesai pembangunannya.

Jika itu semua bisa terpenuhi, maka baru akan dinilai apakah Mandalika layak atau mampu menggelar MotoGP di sekitar September-November.

“Orang Indonesia harus memberi tahu kami pada bulan Juni apakah mereka dapat mengadakan balapan (MotoGP 2021) di musim gugur (Spetember-November),” ucap Ezpeleta, sebagaimana dilansir Bola.

Sementara itu, MGPA selaku pihak yang bertanggung jawab atas pembangunan sirkuit, sudah menargetkan pembangunan Sirkuit selesai sesuai dengan tenggat dari Dorna.

“Kami targetkan pembangunan sirkuit selesai bulan Juni dan kemudian lolos homologasi di bulan Juli,” harap Chief Strategic and Communication Officer Mandalika Grand Prix Association, Happy Harinto.

Baca: Raja Superbike Lega Tak Bertemu dengan Pembalap Segila Marquez

Dan jika pembangunan Mandalika selesai tepat waktu serta lolos homologasi sirkuit, maka penggemar Indonesia akan bisa menyaksikan balapan MotoGP, Superbike dan Asia Talent Cup di akhir musim 2021. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here