MotoGP Portugal: Pole Bagnaia Dibatalkan, Begini Penjelasannya

0
10156
MotoGP Portugal: Pole Bagnaia Dibatalkan, Begini Penjelasannya
Prancesco Bagnaia (Ducati Lenovo) & Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) Kualifikasi MotoGP Portimao, Portugal 2021 / runganSport © Twitter/MotoGP.

Pole Francesco Bagnaia dibatalkan karena tak melambat ketika bendera kuning dikibarkan.

Portimao, runganSportPembalap asal Italia, Francesco Bagnaia pada dasarnya berhasil mencetak waktu lap paling singkat di sesi Kualifikasi MotoGP Portugal, Sabtu (17/4/2021).

Bahkan sulit dikalahkan oleh pembalap Prancis, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang berada di posisi tercepat kedua.

Tapi pada akhirnya lap cepat rider Ducati Lenovo itu dibatalkan, posisi Pole otomatis menjadi milik Quartararo.

Lap cepat Bagnaia dibatalkan dengan alasan bendera kuning, karena di lap tersebut Bagnaia harusnya menambat setelah bendera kuning naik, dikarenakan salah satu pembalap, Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) mengalami kecelakaan.

Aturannya adalah setiap bendera kuning naik, pembalap dibelakang kejadian (kecelakaan) harus melambat untuk menghindari risiko lain.

Namun pihak Bagnaia dan Ducati mengaku tak melihat dengan jelas bendera yang dimaksud, karena di beberapa sirkuit titik bendera sulit dijangkau pandagan pembalap, terlebih ketika mereka fokus melakukan time attack.

“Masalahnya adalah posisi bendera; tidak mungkin bagi saya untuk melihatnya.

Pada saat itu Anda datang dari turunan dan Anda condong ke kiri untuk mempersiapkan tikungan berikutnya, tapi benderanya ada di sebelah kanan,” keluh Pecco sebagaimana dimuat Motosan.

Tak hanya Bagnaia, rekan sesama Ducatinya yang berada di depan, Luca Marini (Sky VR46 Avintia) juga tak melihat bender kuning berkibar.

“Saya berbicara dengan Marini, yang ada di depan saya, dan dia juga tidak melihatnya.

Saya tahu bahwa ketika ada aturan, Anda harus menghormatinya,” sambung Bagnaia berkomentar.

Pada akhirnya Bagnaia akan memuali balapan MotoGP Portugal dari posisi start ke-11.

Di sisi lain Quartararo yang menjadi pemegang Pole juga tak terlalu senang, karena ia sadar bahwa posisi terdepan kali ini tidak ia raih dengan mengalahkan Bagnaia, melainkan karena kesalahan teknis.

Baca: Hasil Kualifikasi Moto2 Portugal 2021

Balapan MotoGP Portugal di sirkuit Portimao akan berlangsung Minggu, 18 April 2021 akhir pekan ini, pukul 19.00 WIB. (DN/eV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here