Home MotoGP MotoGP Prancis: Rossi ke-14, Rantai Putus dan Keluhan Akselerasi

MotoGP Prancis: Rossi ke-14, Rantai Putus dan Keluhan Akselerasi

MotoGP Prancis: P14, Rossi Bermasalah di Akselerasi
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) Latihan Bebas 2 MotoGP Le Mans, Prancis 2019 / runganSport © Yamaha MotoGP.

Le Mans, runganSport — Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales berhasil menjadi yang tercepat di Latihan Bebas hari pembuka MotoGP Prancis, Jum’at (17/5) kemarin.

Sementara itu, rekan satu timnya, Valentino Rossi hanya menempati posisi ke-14 secara keseluruhan gabungan waktu terbaik FP1 dan FP2 hari pertama.

Hasil ini diakui Rossi meleset dari harapannya.

“Ini tidak berjalan seperti yang saya harapkan. Sejak di FP1 di pagi hari saya tidak menemukan feeling yang baik dengan motor Yamaha M1 saya.

Saya terutama kesulitaan di akselerasi dan saat keluar dari tikungan, saya kehilangan banyak waktu,” keluh Rossi yang tertinggal +0,892 detik dari posisi terdepan sebagaimana laporan Speedweek.

Rossi juga sempat mengalami insiden putus rantai M1 nya di sesi pagi kemarin, membuatnya kehilangan banyak waktu.

Berlanjut ke sesi sore, Rossi mencoba setingan lain untuk motornya.

“Sesi sore (FP2) kami mencoba set-up yang lain. Awalnya tidak terasa begitu buruk. Tapi kemudian kami melakukan modifikasi, hanya saja kami tidak mendapat solusi yang baik.

Pada akhirnya, saya hanya melakukan satu lap dengan ban belakang kompon lunak, jadi saya keluar dari 10 besar,” sambung Rossi menjelaskan.

Rossi terancam kembali masuk ke Kualifikasi 1 nanti jika ia tak bisa menembus 10 besar di FP3.

“Sekarang kita berharap lintasan tetap di FP3 nanti, agar kita dapat meningkatkan waktu lap dan mengoptimalkan pengaturan motor,” harap The Doctor.

Cuara di Le Mans memang bisa berubah dengan cepat, jika di hari kedua ini turun hujan, besar kemungkinan Rossi akan mendapat lebih banyak kesulitan dari hari pertama kemarin. (DN/eV)