Home MotoGP Pelindung Rem Marquez Patah Saat Disalip Dovi

Pelindung Rem Marquez Patah Saat Disalip Dovi

Pelindung Rem Marquez Patah Saat Disalip Dovi
Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) vs Marc Marquez (Resol Honda) Race MotoGP Spielberg, Austria 2019 / runganSport © MotoGP.

Jika pelindung tuas rem depan RC213V Marc Marquez tak tersangkut di swing-arm motor Andrea Dovizioso, maka Marquez bisa balas menyalip Dovi di tikungan akhir di MotoGP Austria, Minggu (11/8) kemarin.

Spielberg, runganSport — Duel menenangkan antara rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso melawan jagoan Repsol Honda, Marc Marquez masih menyisahkan banyak kisah menarik.

Salah satunya adalah soal pelindung tuas rem depan Marquez yang patah dan hampir membutanya terjatuh saat tersangkut dengan swing-arm motor Dovi.

Insinde itu terjadi di tikungan akhir lap akhir ketika Dovi menyelinap untuk mengambil alih posisi terdepan dan mengalahkan Marquez untuk merebut kemenangan di Spielberg kemarin.

Pelindung rem mulai diwajibkan sejak tahun lalu, untuk mengantisipasi jika pembalap bersenggolan atau jatuh, agar rem tak tertekan, yang menyebabkan ban depan terkunci dan bisa membuat pembalap terjatuh.

“Saya rasa saya bisa menghentikan motor saya dan kembali menylip Dovi, seperti yang dia lakukan pada saya dua tahun lalu di sini, tetapi pelindung rem saya tersangkut pada motornya.

Saya pikir saya akan jatuh, tapi kemudian pelindung itu patah dan aku tidak jatuh,” kata Marquez dalam berita MotorSport Magazine.

Meski hampir jatuh dan gagal menang, tapi Marquez tak mempermasalahkan Dovi, justru ia sangat menyukai kompetisi tetat seperti ini.

“Kami berdua selalu saling menghormati, dan itu hanya insiden kecil di tikungan terakhir, dan ini bagian dari balapan, saya suka itu,” sambung Marquez dalam pernyataannya usai balapan.

Benar saja, karena setelah balapan berlangsung, baik Marquez maupun Dovi, tak ada lagi ketegangan antara keduanya meski baru saja saling mengalahkan beberapa menit sebelumnya.

Suasana semakin mencair ketika Marquez menghampir tim Dovi di Parc Ferme, begitu juga sebaliknya Dovi yang menghampiri kru Repsol Honda, saling sapa seraya menunjukkan rasa hormat satu sama lain.

Kemudian soal strategi balap, sebenarnya Dovi tak punya rencana menyerang Marquez di tikungan akhir, itu spontan dan rider Italia itu sendiri juga kaget.

“Saya tidak merencanakan tikungan terakhir seperti itu. Ini bukan gaya saya biasanya, tapi banyak hal telah terjadi selama balapan,” seru ‘DesmoDovi’.

Seri Red Bull Ring musim 2019 menjadi kesempatan keenam duel panas hingga lap antar antara #AD04 vs #MM93, dimana lima diantaranya dimennagkan oleh Dovi, sementara satu sisanya dimenangkan oleh Marquez. (DN/eV)

NEXT: Pedrosa Tolak Gantikan Zarco di KTM 2020