Home MotoGP Petrucci: Marquez Mengubah MotoGP

Petrucci: Marquez Mengubah MotoGP

Petrucci: Marquez Mengubah MotoGP
Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) vs Marc Marquez (Repsol Honda) Race MotoGP Phillip Island, Australia 2019 / runganSport © MotoGP.

MotoGP saat ini sedang berada dalam era Marc Marquez, dan rider Spanyol itu sangat mempengaruhi perubahan besar MotoGP.

Roma, runganSport — Dengan enam gelar juara dunia dalam tujuh musim pertamanya, MotoGP sekarang sedang berada di tengah-tengah era Marc Marquez.

Juga, rider Repsol Honda itu telah mengubah cara mengendarai motor MotoGP.

Hal ini membuat pembalap Italia, Danilo Petrucci membandingkan Marquez dengan era Kenny Roberts dulu.

Roberts adalah seorang juara dunia pada tahun 1978, ’79 dan 80, diingat sebagai pembalap yang memperkenalkan teknik lutut turun, yang sekarang identik dengan balap motor.

Sementara itu Marquez telah menguasai gaya menyeret siku untuk mencari limit Honda-nya, hal yang belum pernah dilakukan pembalap sebelumnya.

Marquez adalah pembalap pertama sejak Roberts yang memenangkan gelar juara dunia kelas utama dalam musim debutnya, pada tahun 2013.

Meskipun tetap bersama Honda (seperti halnya Roberts yang membalap hanya untuk Yamaha), ia telah menjadi juara dunia dengan karakteristik berlawanan dari Bridgestone dan kemudian ban Michelin.

Dalam tiga musim terakhir ini, rekan setim Ducati Petrucci, Andrea Dovizioso telah menjadi lawan utama Marquez.

“Itu salah satu kunci untuk membaca kejuaraan tahun ini; Marquez bertarung sendirian melawan saya dan Dovi 9untuk gelar juara tim),” kata Petrucci kepada Crash.

DI musim 2019 ini Marquez meraih gelar pembalap, tim, dan konstruktor nyaris sendirian, di atas motor yang tidak bisa dimenangkan oleh pembalap lain pada musim lalu.

Gaya balap Marquez yang sangat unik belum bisa ditiru rider lainnya.

“Marquez selalu menggerakkan batas ke depan. Saya merasa bangga telah bertarung tidak hanya dengan dia tetapi juga Lorenzo, Rossi, Pedrosa dan Stoner.

Orang-orang yang saya tonton di televisi. Kadang-kadang saya bisa mengalahkan mereka, tapi saya selalu tetap dengan perasaan bahwa mereka benar-benar seorang juara yang hebat,” sambung Petrux dengan nada pujian.

“Dengan Marquez, pasti kami masih belum sepenuhnya menyadari bahwa ia sedang mengubah era balap motor.

Saya sudah membaca banyak hal tentang Kenny Roberts, yang pertama kali menyentuh tanah dengan lututnya, mencoba mencari cara lain mengendarai motor, dan Marquez juga sama. Dia benar-benar mengubah cara mengendarai motor MotoGP,” tegas rider Italia itu.

Dengan perbandingan yang dilakukan Roberts, bagaimana Petrucci menggambarkan gaya yang mendefinisikan era Marquez?

“Yang jelas tubuhnya selalu lebih dekat ke tanah dibandingkan dengan pembalap lain,” jawab jagoan Ducati itu.

“Saya telah melihat banyak sekali gambar dirinya berusaha menyelamatkan motor (ketika hendak jatuh) dan dia mampu melakukannya hanya karena ketika dia mulai bersandar pada motor, dia benar-benar menjadi satu ‘bagian’ dari motor itu sendiri.

Jika Anda melihat gambar dari depan, dia selalu yang pertama menyentuh tanah dengan siku dan lutut dibandingkan pembalap lainnya.

Saya salah satu pembalap yang tubuhnya lebih keluar dari motor (di tikungan), tapi dia selalu siap untuk mengambil motor ketika ada risiko menabrak.

Baca: Ini Pembalap yang Bisa Taklukkan Liarnya Motor Marquez?

Anda dapat mencoba melakukan (apa yang dilakukan Marquez), tapi itu tidak alami,” seru Petrucci. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here