Home MotoGP Pol Ungkap Yamaha Ingkar Janji Jadikan Dirinya Pengganti Rossi

Pol Ungkap Yamaha Ingkar Janji Jadikan Dirinya Pengganti Rossi

Pol Ungkap Yamaha Ingkar Janji Jadikan Dirinya Pengganti Rossi
Alex Marquez (Repsol Honda) & Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) MotoGP Misano, Emilia Romagna 2020 / runganSport © MotoGP.

Pol Espargaro mengungkap bahwa ia telah dipersiapkan sebagai penerus Valentino Rossi, namun Yamaha urung memenuhi janji tersebut.

Misano, runganSport — Pembalap bintang asal Italia, Valentino Rossi sedang menjalani musim terakhirnya di MotoGP sebagai pembalap utama Yamaha di tim pabrikan Monster Energy Yamaha.

Mulai tahun depan ia akan digantikan oleh rider muda asal Prancis, Fabio Quartararo.

Tapi, penerus The Doctor sebenarnya telah dipersiapkan beberapa tahun yang lalu, dia adalah rider berbakat asal Spanyol, Pol Espargaro.

Pol seharusnya menggantikan Rossi yang berencana pensiun di akhir 2014 lalu, ada janji Yamaha bahwa ia akan menjadi penerus Rossi yang sebentar lagi akan pensiun.

Sayangnya, Lin Jarvis gagal memenuhi janjinya kepada Pol, saat itu PoL dititipkan di tim Satelit Monster Yamaha Tech3.

Saat itu tahun 2014, pada saat ada pembicaraan tentang kemungkinan pensiunnya Rossi di akhir musim dan orang yang dipilih untuk menggantikannya adalah Polyccio sendiri.

Karena janji ini pula Pol sampai rela menolak tawaran dari Suzuki yang baru berencana kembali ke MotoGP pada 2015 lalu.

“Jarvis meminta saya untuk tetap bersama tim satelit (Yamaha Tech3),” kata Pol kepada surat kabar olahraga Spanyol, El Mundo Deportivo, sebagaimana dimuat Tuttomotoriweb.

“Karena Rossi akan pensiun dan dia butuh pembalap muda, dia kemudian menyangkalnya pada konferensi pers dan itu membuat saya merasa sangat kecewa,” kenang Pol.

Karena menunggu janji tersebut, Pol gagal bergabung ke Suzuki, yang pada akhirnya Suzuki mendapatkan kakaknya, Aleix Espargaro dan rookie Maverick Vinales.

Pengalaman ini juga yang memberanikan Pol untuk bergabung dengan KTM dengan meninggalkan Satelit Tech3, padahal saat itu KTM belum sebagus sekarang.

“Saya berjanji pada diri sendiri bahwa jika saya menerima tawaran lain dari tim pabrikan, saya tidak akan berpikir dua kali untuk itu,” serunya meruju keputusan bergabung dengan proyek KTM.

Baca: Marquez: Jangan Khawatir, Kami Akan Kembali Guncang MotoGP

Dan tahun depan Pol akan meninggalkan KTM, ia akan memulai petualangan baru bersama tim pabrikan lainnya, Repsol Honda yang sudah terkenal melahirkan para juara di kelas utama Grand Prix. (DN/eV)

Bagaimana Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here